Minggu, 8 September 2024
BerandadeEdukasiBuka MPLS di SMPN 1 Katapang, Begini Pesan Bupati Bandung

Buka MPLS di SMPN 1 Katapang, Begini Pesan Bupati Bandung

Dejurnal.com, Bandung- Bupati Bandung Dadang Supriatna membuka pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun pelajaran baru 2024/2025 di SMPN 1 Katapang, Kabupaten Bandung, Senin (16/7/2024).

Dadang Supriatna berharap kegiatan MPLS di SMPN 1 Katapang maupun di SMP lainnya di Kabupaten Bandung tidak sekedar sebuah seremonial. “Tetapi pelaksanaan MPLS ini awal dari perjalanan panjang para siswa SMP yang penuh potensi,” katanya.

Turut mendampingi Bupati Bandung, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Bandung Ruli Hadiana, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Agus Firman Zaini, Camat Katapang Rahmat Hidayat dan jajaran Forkopimcam Katapang.

Menurut Bupati Bedas ini, MPLS adalah momen yang penting dalam kehidupan para siswa/siswi SMP tersebut, karena di sini para siswa tidak hanya diperkenalkan dengan lingkungan sekolah baru, tetapi juga dengan nilai-nilai kebersamaan, kejujuran, disiplin dan semangat untuk belajar yang tinggi.

Dadang Supriatna mengatakan, lingkungan sekolah bukan hanya tempat untuk mendapatkan ilmu pengetahuan akademis, tapi juga wadah untuk mengembangkan potensi diri dan membentuk karakter yang kuat. Ia berharap para siswa menjadi pintar, cerdas dan berakhlak mulia.

Edukasi yang diterima para siswa di sekolah, imbuhnya, bukan sekedar beban tapi bekal berharga untuk menghadapi dunia yang semakin kompetitif.

“Oleh karena itu, manfaatkanlah setiap kesempatan yang ada di sekolah ini dengan baik. Jadikan setiap pengalaman menjadi pembelajaran berharga yang akan membantu kalian tumbuh dan berkembang sebagai individu yang bermanfaat bagi masyarakat dan bernegara,” ujar Dadang.

Dadang Supriatna mengucapkan terima kasih kepada para guru dan karyawan di lembaga pendidikan atas dedikasi dan komitmen yang telah diberikan dalam membimbing generasi muda.

Kang DS sapaaqn akrab Dadang Supriatna mengajak kepada semua pihak untuk bersama-sama menciptakan lingkungan belajar yang inspiratif, inklusif, dan mendukung perkembangan potensi setiap siswa demi terciptanya generasi yang cerdas, berkarakter dan berakhlakul karimah dalam menyongsong Indonesia Emas tahun 2045.

Ia mengingatkan kepada para siswa siswi untuk terus belajar, bercita-cita tinggi dsn patuh terhadap orang tua dan guru. Saling mengingatkan kepada kawan baik di sekolah maupun di rumah terkait hal-hal yang bersifat membahayakan atau merugikan, dan

“Saya juga berharap program tiga muatan lokal, yang diterapkan Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung, yaitu pendidikan Pancasila dan UUD 1945, pendidikan bahasa dan budaya Sunda, serta belajar mengaji dan menghafal Al-Qur’an untuk para siswa TK, SD, dan SMP. Ini akan membentuk anak-anak pintar, berkarakter luhur dan berakhlakul karimah,” terang Dadang Supriatna.

Bupati juga mengajak kepada para siswa siswi serta tenaga pendidik untuk turut aktif dalam pembangunan pemerintah daerah guna mewujudkan Kabupaten Bandung yang semakin Bangkit, Edukatif, Dinamis, Agamis dan Sejahtera (BEDAS).

Berdasarkan Perbup Bandung yang sudah dikeluarkan, katanya, setiap siswa baru harus menanam pohon minimal dua pohon. Ia juga mengajak kepada para siswa untuk menjaga semangat kebersamaan dan persaudaraan.

“Jadikan SMPN 1 Katapang dan SMP lainnya menjadi tempat yang aman, nyaman dan penuh semangat kekeluargaan. Mari kita berkolaborasi untuk mencapai prestasi gemilang di dalam segala bidang,” harapnya.

Kang DS juga menekankan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung untuk terus melakukan evaluasi terhadap seluruh siswa dan siswi yang saat ini sudah memasuki program MPLS.

“Kami minta laporannya secara lengkap se-Kabupaten Bandung untuk mengharapkan langkah-langkah selanjutnya,” tuturnya.

Bupati juga berharap kegiatan-kegiatan sekolah pun harus betul-betul terukur. Kegiatan belajar mengajar pun harus betul-betul berkualitas, tentunya dimulai dari bapak ibu guru sebagai pengajar yang tentunya harus siap menyampaikan materi-materi pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi kekinian.

“Saya menekankan dalam rangka membentuk karakter anak-anak kita, dalami Pancasila berikut butir-butir Pancasila. Insya Allah saya akan launching memberikan 26 buku pada tanggal 7 Agustus 2024 yang akan datang dari mulai TK, SD, dan SMP. Mudah-mudahan buku yang akan saya luncurkan ini betul-betul bisa bermanfaat,” kata Dadang. * Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI