Minggu, 6 Oktober 2024
BerandadePolitikKPU Jabar Sosialiasi Pendidikan Pemilih Pilgub Jabar Bersama DPD XTC Jawa Barat...

KPU Jabar Sosialiasi Pendidikan Pemilih Pilgub Jabar Bersama DPD XTC Jawa Barat di Garut

Dejurnal.com, Garut – Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Provinsi Jawa Barat, memberikan “Sosialisasi Pendidikan Pemilih Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2024 bersama DPD XTC Jawa Barat”, acara digelar di Gedung KNPI Kabupaten Garut, dihadiri hampir seluruh struktural pengurus dan anggota DPC XTC di 42 Kecamatan se-Kabupaten Garut, Minggu Tanggal 29 September 2024

Hadir dalam acara sosialisasi dari pihak KPU Provinsi Jawa Barat yang dihadiri oleh Kepala Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPUD Kabupaten Garut, Yusuf Abdullah, SIP., sebagai nara sumber Dr. Junaidin Basri (Mantan Ketua KPU Garut Tahun 20219 – 2024), yang merupakan Penggiat Demokrasi Pilkada 2024, Ketua DPD XTC Provinsi Jawa Barat Diki Beje (M. Dicky Fauziah R), Ketua DPC XTC Kabupaten Garut Gan Gan Khusnul Muamar, dan 50 orang peserta acara sosialisasi merupakan Anggota DPC XTC Kabupaten Garut.

Menurut M. Dicky Fauziah R lebih akrab dipanggil Diki Beje mengatakan, “Ya saya selaku ketua DPD XTC Jawa Barat mengucapkan terima kasih kepada pihak KPUD Jawa Barat, begitu juga nara sumber lainnya yang telah memberikan arahan dan masukan kepada peserta yang hadir dalam sosialisasi pemilih pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dalam Pilkada 2024, dimana peserta sosialisasi adalah para pengurus dan anggota DPC XTC Kabupaten Garut, dengan harapan bisa memahami, mengerti dan meningkatkan patrisipasi pemilih dalam Pilkada Tahun 2024”.

Sementara menurut Gan Gan Ketua DPC XTC Kabupaten Garut, “Saya atas nama Ketua dan Pengurus DPC Kabupaten Garut, sangat apresiasi atas langkah dan upaya Ketua DPD XTC Jawa Barat bersama KPUD Jawa Barat, ini sebuah langkah awal yang baik dan ini pertama kalinya memberikan arahan sosialisasi di DPC XTC Kabupaten Garut, sehingga Kami dan anggota DPC XTC, bisa memahami dan mendorong aktif didalam mengkampanyekan partisipasi masyarakat untuk memilih pada tanggal 27 November Tahun 2024, dan kami bisa ikut andil dalam menciptakan iklim yang aman, nyaman di Pilkada 2024”. Ungkap Ketua DPC XTC Kabupaten Garut.

Dikatakan oleh Yusuf Kadiv Perencana Data dan Informasi KPUD Garut. “Kehadiran kita dalam acara sosialisasi, mengajak teman-teman yang ada di sini, yaitu teman-teman dari DPD XTC Jawa Barat, khususnya DPC XTC Kabupaten Garut, untuk ikut serta mensukseskan Pilkada 2024z baik pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur dan Bupati – Wakil Bupati, untuk bisa mengajak rekan-rekan yang di tiap Kota, Kabupaten, Kecamatan struktur kepengurusan DPD XTC Jawa Barat untuk ikut serta memilih di tanggal 27 November 2024 ” Ujarnya.

Begitu juga hal senada disampaikan oleh Bang Jun sapaan akrab matan Ketua KPU 2019 – 2024 ini
“Ya,, kebetulan saya diundang untuk jadi narasumber, dan dalam rangka terkait peningkatan partisipasi pemilih pemula, jadi untuk segmen anak muda ” jelasnya

Dikatakan lebih lanjut oleh Bang Jun bahwa pemilih pemula ini kan,, punya karakter yang khusus ya karakter khusus itu dalam pengertian bahwa apa sih.eh,, interestnya mereka terhadap Pilkada itu bukan pertanyaan paling pentingnya ini ya lalu yang kedua sementara mereka punya keinginan untuk melakukan hal perubahannya juga, ingin lebih cepat lebih menguasai teknologinya, juga jauh lebih luas jaringan relasinya, sehingga bisa mengarahkanlah bahwa literasi politik itu penting, karena itu yang bisa merubah tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara”.tegasnya.

“Ya intinya disitu, lalu yang ketiga pemilih pemula ini kan besar jumlahnya di Garut saja kan 53%, lalu antara generasi z dan milenial itu kan 23% dari 53%, itu artinya sudah setengah plus, di Jabar juga sama untuk pemilih sekitar 21 juta itu artinya ads sekitar 7%, dan untuk Nasional 52%, artinya pemilih pemula ini memberikan warna tersendiri, dan bisa mendominasi terhadap kemenangan pasangan calon,” Pungkasnya.***Yohaness

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI