Kamis, 19 September 2024
BerandadeHumanitiKabupaten Ciamis Raih Anugrah Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra, Bukti Komitmen Jaga...

Kabupaten Ciamis Raih Anugrah Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra, Bukti Komitmen Jaga Lingkungan

CIAMIS,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis kembali menorehkan prestasi dengan meraih Anugerah Penghargaan “Green Leadership Nirwasita Tantra” dalam bidang pelaporan dan dokumen kinerja informasi pengelolaan lingkungan hidup tahun 2023 dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (Kemen LHK-RI) di Gedung Manggala Wanabakti Kemen LHK, Jakarta. Rabu (18/09/2024).

Anugerah diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Ibu Prop. DR. Siti Nurbaya dan diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ciamis Andang Firman Triyadi mewaklili Pj. Bupati Ciamis dan Sofwan ismail S.Psi. MH dari DPRD.

Anugerah Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra tahun 2024 ini merupakan penghargaan dari Kemen LHK-RI kepada kabupaten/kota yang dinilai baik dalam bidang pelaporan dan dokumen kinerja informasi pengelolaan lingkungan hidup pada periode tahun 2023. Penghargaan yang diberikan kepada Kabupaten Ciamis ini untuk katagori Kabupaten Sedang.

Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ciamis, Andang Firman Triyadi mengucapkan terima kasih kepada pimpinan/kepala daerah yang selalu memberikan bimbingan, arahan, dan motivasi.

“Terimakasih juga kepada para pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Ciamis atas saran, masukan, kerjasama dan pengawasannya, Dinas PRKPLH Kabupaten Ciamis atas kinerja dan kerja kerasnya dalam pengelolaan lingkungan hidup, juga kepada seluruh stakeholder dan masyarakat Kabupaten Ciamis atas kepedulian terhadap lingkungan hidup,” ucapnya

“Dengan penghargaan ini Semoga Kabupaten Ciamis bisa lebih baik lagi dalam merumuskan kebijakan pengelolaan lingkungan hidup yang berkualitas dan berkelanjutan,” tambahnya.

Andang mengungkapkan atas kerjasama semua pihak dan penerapan program yang baik hingga Ciamis meraih prestasi kembali.

“Kabupaten Ciamis dinilai berhasil dalam menerapkan kebijakan dan program-program strategis yang berdampak positif terhadap lingkungan, ini semua tidak lepas berkat partisipasi masyarakat, pegiat lingkungan dan sektor swasta,” ungkapnya.

Andang juga menegaskan bahwa sinergi antara pemerintah daerah, dinas terkait, dan masyarakat adalah kunci dalam mencapai target-target pembangunan berkelanjutan.

“Kami akan terus berupaya menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup di Kabupaten Ciamis agar dapat memberikan dampak positif bagi generasi mendatang,” jelasnya.

Dengan pencapaian ini, Kabupaten Ciamis telah membuktikan komitmen kuat dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup tidak hanya mendukung pembangunan berkelanjutan, tetapi juga memberikan manfaat jangka panjang bagi kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu Kepala Dinas PRKPLH Kabupaten Ciamis, Okta Jabal Nugraha mengatakan, penganugerahan penghargaan Green leadership Nirwasita Tantra ini melalui tahapan-tahapan penilaian yang dimulai dari penyusunan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) oleh instansi lingkungan hidup daerah di provinsi dan kabupaten.

“Hal ini sesuai dengan amanat dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik,” katanya.

Okta juga mengungkapkan penghargaan ini menjadi pemicu semangat dan motivasi untuk terus memberikan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Ciamis.

“DPRKPLH Kabupaten Ciamis selaku perangkat daerah di Bidang Lingkungan Hidup menjadikan penghargaan ini sebagai motivasi untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan kami dalam merencanakan serta merumuskan pengelolaan lingkungan hidup berkelanjutan yang lebih baik dan berkualitas,” jelasnya. (nay)**

 

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI