Jumat, 24 Mei 2024
BerandaPasca Lebaran Arus Mudik H+5 Yang Melintas Garut Ramai Lancar.

Pasca Lebaran Arus Mudik H+5 Yang Melintas Garut Ramai Lancar.

Dejurnal.com, GARUT – Pasca Hari Raya Idul Fitri 1439 H yang memasuki H+5 arus balik lebaran, situasi arus balik di wilayah jalur selatan Jawa Barat yang melintasi Kabupaten Garut terlihat ramai lancar siang ini. Hal itu terlihat di jalan raya Nagrek-Malangbong dimana arus balik dari arah Tasikmalaya cukup ramai. Meski begitu, arus balik terlihat lancar. Sedangkan pantauan arus balik di wilayah lain juga terlihat lancar.

“Memasuki H+5 arus balik kondisi lalulintas Alhamdulillah lancar, kalaupun ada kenaikan tapi tidak signifikan, situasi masih bisa terurai. CB One Way kita lakukan apabila frekuensi dari kedua padat. ” terang Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wguna. SIK.

Sedangkan untuk arus balik lanjut Kapolres, kita fokuskan dari Tasikmalaya ke Bandung, kita lihat nanti kalau ekor dari Bandung menuju Tasikmalaya tidak terlalu ramai, nanti kita akan penggal sekitaran Mergosari atau Pananjung, dan kita akan tarik sekitar Sasak Beusi sampai Limbangan,” lanjutnya.

Arus balik Lebaran tahun ini diperkirakan akan mencapai puncaknya pada H+6 besok hingga hari Senin. Pasalnya, cuti Lebaran untuk pegawai pemerintah berakhir pada 20 Juni. Dengan kata lain, pada 21 Juni nanti merupakan hari pertama masuk kantor setelah libur Lebaran. Meski begitu, untuk pemudik swasta atau anak sekolah kemungkinan besar ada yang baru kembali ke perantauan pada pada 26 Juni nanti.

“Prediksi arus balik sebetulnya dari kemarin, tadi malam juga lumayan, tapi diatas jam 21.00 WIB sudah mulai melakukan one way, Alhamdulillah jam 22.00 WIB sudah kosong. Kemungkinan arus balik puncaknya di hari Minggu atau Senin, karena besok yang masuk kerja hanya PNS saja, sementara anak sekolah liburnya masih panjang,” papar Kapolres Garut.

Menurutnya, hingga H+5 arus balik Lebaran ini belum ada kejadian yang menonjol. Sehingga, secara umum baik arus mudik maupun arus balik berjalan lancar. Hal itu terjadi karena kompaknya semua petugas yang tergabung dalam Posko Terpadu yang didirikan. Operasional Posko sendiri kemungkinan berakhir pada H+7 atau bahkan hingga H+10.

“Saya harap hingga selesainya arus balik nanti semuanya berjalan lancar. Yang jelas, saat ini petugas tetap standby di posko meski arus balik berjalan lancar,” tambahnya. (Udg).

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI