Minggu, 19 Mei 2024
BerandadeNewsPemdes Bumiwangi Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Kader Lingkungan

Pemdes Bumiwangi Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Kader Lingkungan

Dejurnal.com – Bandung

Pemerintah Desa Bumiwangi Kecamatan Ciparay menggelar bimbingan teknis peningkatan kapasitas kader lingkungan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gor Desa Bumiwangi, Rabu ( 28/8/2019 ).

“Bimbingan teknis peningkatan kapasitas kader lingkungan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman tentang permasalahan sampah dan solusi penangannya” ujar ketua panitia kegiatan Ahmad Saepudin S.Sos.I

Ahmad Saepudin menjelaskan bahwa “kegiatan bimtek ini merupakan implementasi dari program terintegrasi dari program herang mata, program tersebut merupakan program pak kades”. Selain itu kegiatan ini bertujuan agar Desa Bumiwangi bebas sampah. Tambahnya

Lebih lanjut sekdes Bumiwangi mengutarakan, jumlah peserta pada bimtek peningkatan kapasitas kader lingkungan ini ada 128 orang yang terdiri dari perwakilan dari masing – masing RW, setiap RW nya mengirimkan 5 sampai 7 peserta. Tidak itu saja tamu undangan juga cukup banyak diantaranya MUI Desa Bumiwangi, LPMD / BPD , Bumdes, Jaga bumi, Karang taruna, para ketua RW dan RT, kader desa, masyarakat peduli lingkungan ( mapel ) dan daluang baca. Sedangkan pematerinya salah satunya adalah kepala dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Asep Kusuma. Jelasnya.

Ahmad Saepudin berharap kedepannya masyarakat berfikir bahwa sampah itu bukan masalah, tetapi sampah menjadi berkah, dalam hal ini kepekaan masyarakat terhadap sampah.

Lebih lanjut Ahmad Saepudin berharap dengan adanya kegiatan ini akan terbentuk pengelolaan sampah berbasis masyarakat maupun berbasis rumah tangga, yaitu dengan memilah dan memilih sampah baik sampah organik, sampah anorganik dan sampah residu. Untuk sampah organik di setiap rumah warga harus ada LCO, sedangkan sampah anorganik di tampung di bank sampah dan di jual ke bumdes. Tambahnya.

Sementara itu Kepala desa Bumiwangi Drs Rudiya Trisanjaya berharap kedepannya, apa yang di tauladannya oleh pimpinan kami mulai dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah kabupaten Bandung dibawah pimpinan Bupati Bandung Dadang M Nasser melalui Kadis LH , dapat kami diterapkan juga dalam program kami.

Masih menurut Drs Rudiya Trisanjaya, keadilan anggaran diharuskan untuk seluruh makhluk hidup yang terdiri dari manusia, flora, satwa dan lingkungan sekitar.

“Apa yang kami ikhtiarkan dapat dilaksanakan juga oleh stakeholder terkait seperti individu, keluarga , kader lingkungan, pemerintah wilayah dan pemerintah desa Bumiwangi, bersinergi positip untuk bersama sama mengelola lingkungan, menuju Desa Bumiwangi lebih baik”. Ungkap Kades Rudi

Lebih lanjut Kades Bumiwangi mengatakan , sampah dikelola, mana yang dapat bernilai ekonomi, mana yang dapat bernilai untuk lingkungan hidup , dan mana yang di sebut sampah mubazir kita kelola. Sehingga apa yang kami laksanakan dapat terwujud dengan hasil yang memuaskan semua pihak. Pungkasnya***

Taryana Budiman

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI