Minggu, 19 Mei 2024
BerandadeNewsPenuhi Biaya Pilkada 2020 Rp 108 M, Belanja OPD Karawang Bakal Dipangkas

Penuhi Biaya Pilkada 2020 Rp 108 M, Belanja OPD Karawang Bakal Dipangkas

Dejurnal .com, Karawang – Pemkab Karawang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dan TAPD kemungkinan bakal memangkas anggaran belanja seluruh OPD lingkup Pemda Karawang untuk membiayai Pilkada yang bakal menghabiskan dana sebesar Rp 108 miliar.

Menurut Sekretaris Bapenda Akhmad Mustopa, rencana efisiensi anggaran bakal dilaksanakan secepatnya mengingat saat ini akan memasuki perubahan anggaran APBD 2019. Karena Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bersumber dari 11 jenis pajak dan retribusi baru mencapai Rp 460 milar sekitar 48 persen masih jauh dari target yang ditentukan sebesar Rp 993 milar.

“Kemungkinan jumlah anggaran yang bakal di pangkas sebesar 8 persen yang diambil dari pagu dan sisa anggaran murni sejumlah OPD tahun 2019 mengingat tahapan pilkada Karawang bakal dilaksanakan bulan september tahun ini sehingga harus disiapkan dananya,” papar Akhmad Mustopa kepada dejurnal.com saat ditemui di kantornya, Rabu (28/8/2019).

Ia menambahkan, pemangkasan anggaran berlaku bagi semua OPD dari berbagai kegiatan belanja modal dan belanja pegawai sifatnya tidak menganggu kegiatan yang sudah dan sedang dilaksanakan.

“Hanya bila ada kegiatan yang tidak perlu dan kurang bermanfaat itulah yang di pangkas kendatu sudah di posting di BPKAD, sehingga jumlah angaran yang dipangkas 8 persen dari sejumlah OPD bisa digunakan untuk membiayai anggaran Pilkada 2020 yang tahapannya kemungkinan bakal dilaksanakan bulan September 2019,” ujarnya.

Akhmad Mustofa juga mengatakan, pilkada yang direncanakan bakal menyerap anggaran sebesar 108 miliar untuk biaya tahapan hingga pelantikan karena KPU sudah mengusulkan biaya pilkada sebesar Rp 79 miliar dan Bawaslu sebesar Rp 29.7 milar.

“Sedangkan untuk biaya keamanan hingga saat ini belum dapat diprediksi berapa jumlah biayanya,” katanya.

Dikatakan Akhmad, Bapenda dan TAPD akan melakukan rapat dengan para OPD lingkup Pemkab Karawang Jumat besok untuk membicarakan dan memastikan pemamgkasan anggran di lakukan.

“Mudah-mudahan semuanya lancar sesuai target yang disepakati bersama sehinga seluruh program tahapan pilkada Karawang dapat dilaksanakan,” pungkasnya.***Rif

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI