Jumat, 19 Juli 2024
BerandadeNewsPeringati HUT RI, LSM Garut Adakan Upacara Bendera

Peringati HUT RI, LSM Garut Adakan Upacara Bendera


Dejurnal.com, Garut – Tidak mau kalah dalam semangat Partiotisme beberapa LSM di Kab. Garut mengadakan momentum Kegiatan Upacara Bendera Peringatan HUT RI ke 74 tanggal 17 Agustus 2019 tingkat GMBI Distrik Garut. Sabtu tanggal 17 Agustus 2019 Pukul 08.20 Wib bertempat di Jl. Patriot depan Sekretariat LSM GMBI Distrik Garut Kel. Sukagalih Kec. Tarogong Kidul Kab. Garut.

Kegiatan Upacara Bendera Peringatan HUT RI ke 74 tanggal 17 Agustus 2019 tingkat GMBI Distrik Garut, yg di selenggarakan oleh LSM GMBI (Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia) Distrik Garut, bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Sdr. Ganda Permana (Ketua LSM GMBI Distrik Garut) dan Komandan Upacara (Danup), Asep Imam Susanto dari LSM BAIS, dengan penanggung jawab kegiatan Sdr. Ganda Permana (Ketua LSM GMBI Distrik Garut) yang di ikuti 150 orang.

Adapun peserta upacara terdiri dari
1. LSM GMBI
2. LSM BAIS
3. LSM SABA
4. LSM LASKAR INDONESIA
5. LSM LPKSM
6. LSM GEMA NUSANTARA
7. LSM Paguyuban Putra Sanghiyang Padjajaran
8. LSM G-FAST

9. LSM SRPN

Amanat yang di sampaikan oleh Inspektur Upacara ” Saudara-saudaraku sebangsa dan setanah air akhir-akhir ini kita disibukan dengan berbagai perhatian politik baik pilkada, pilpres maupun pileg sudah barang tentu dan tidak bisa dipungkiri diantara masyarakat terjadi keretakan-keretakan sebagai akibat perbedaan pilihan dan dukungan akan tetapi bagi kita sebagai organisasi yang bekiomitmen terhadap 5 konsensus kenegaraan

1. Proklamasi kemerdekaan
2. Pancasila
3. UUD 1945
4. BHINEKA TUNGGAL IKA
5. NKRI HARGA MATI.

Merupakan tugas utama didalam menyatukan dan menetralisir keadaan agar tercipta situasi yang aman, nyaman, tentram, dan damai di dalam kehidupan masyarakat yang majemuk.

Melalui peringatan HUT RI ke 74 ini kami keluarga besar LSM GMBT mengajak organisasi yang cinta tanah air dan berkoitmen NKRI HARGA MATI untuk bersama-sam bahu-membahu dalam menegakan amar ma’ruf nahi mungkar membebaskan masyarakat dari kebodohan, kemiskinan, dan ketertinggalan yang di mulai dari basis-basis masyarakat binaan kita.

Selanjutnya dalam kebersamaan ini kita harus memiliki tujuan yang jelas dan kongkrit akan kemanakah kemerdekaan yang baru dihantarkan ke pintu gerbang ini akan kita bawa ?? karena tujuan-tujuan berdirinya negara sesuai yang tercantum dalam pembukan UUD 1945 alinea ke IV masih jauh dan jauh sekali dari harapan, sehingga melahirkan penderitaan dan keterpurukan rakyat sebagai pemilik negeri ini. Kemudian kita sebagai anak bangsa yang setiap saat berada di tengah-tengah masyrakat berinteraktif mendengar keluhan dan ratapan mereka sudah seharusnya peka dan cekatan serta terampil menyelesaikan berbagai persoalan yang mereka alami dan hadapi sebelum lebih jauh minimal sebagai masyarakat kabupaten Garut hendaknya kita harus banyak berbuat.

Saudara-saudaraku yang sangat saya cintai dan saya banggakan perlu diketahui bahwa sejak dua dasa warsa terakhir tanpa terasa perubahaan deml perubahaan terjadi di kabupaten Garut baik dalam kepemimpinan maupun dalam tatanan masyarakat serta begitupun dengan kemampuan anggaran pendapatan dan belanja daerah yang sudah mencapai 4,8 Trilyun namun tetap saja tidak bisa beranjak dari kemiskinan kurang lebih hampir 11 % rakyat Garut miskin, ini perlu evaluasi salahnya dimana apakah pemerintah tidak fokus menangani kemiskinan sehingga cerminan dan kebijakan tidak berpihak kepada penanganan kemiskinan, kita lihat struktur APBD dan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) yang direncanakan di RKPD tahunan dan RPJMD 5 tahunan sepertinya gagal tidak ada pada masyarakat, capaian kinerja pemkab sepertnya gagal tidak ada keberpihakan kepada masyarakat miskin, karena itu kita kembalikan filisopi bahwa APBD untuk rakyat dan pelayanan rakyat sehingga APBD pro rakyat.

Pukul 09.00 Wib kegiatan selesai, selama kegiatan berlangsung situasi aman dan kondusif dan dilanjutkan dengan panggung seni rakyat dan lomba – lomba.***Yohaness

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI