Jumat, 26 Juli 2024
BerandadeNewsPuskesmas Cipedes Gelar Lokakarya Mini Triwulan

Puskesmas Cipedes Gelar Lokakarya Mini Triwulan

Dejurnal.com – Bandung

Puskesmas Cipedes melaksanakan kegiatan dalam rangka bagian bentuk evaluasi kinerja kegiatan program kesehatan di wilayah tugas jajaran Pusat kesehatan Cipaku dinkes kab Bandung selama triwulan digelar.

Dalam kesempatan tersebut dinas kesehatan jajaran Puskesmas Cipedes Dinas kesehatan Kab Bandung membahas seputar hasil serta upaya penanggulangan kesehatan diwilayah kerja mecakup 6 Desa.
Dalam rapat yang digelar sempat terbahas evaluasi penanganan serta upaya pencegahan diantaranya

masalah staunting, progam indonesia sehat.

Hal lebih dijelaskan Kepala Puskesmas Cipedes H Odang Rohmat Skep dalam rapat yang digelar didampingi H Irawan SH selaku kasie Pemberdayaan kecamatan yang mewakili camat Paseh dihadapan para tamu undangan rapat diaula kantor kecamatan Paseh Kab Bandung.Rabu (21/8/19).

Menurut H Odang hal ini dilaksanakan selain bentuk silaturahmi dengan para kader penggerak pkk ,jajaran pemerintahan desa serta petugas penggerak dari lintas sektor yang ada di wilayah kec Paseh,”Ujar H Odang

Bentuk evaluasi kinerja ini dilaksanakan selama 3 bulan sekali mengenai penanggulangan masalah kesehatan.
Juga upaya dalam peningkatan palayanan yang opptimal sesuai slogan kami Pasien yang masuk, malas pulang,”katanya

“Dengan artian pasien yang datang memeriksakan kesehatanya merasa nyaman”

Seraya menjelaskan Kasus stanting di wilayah kerja Puskesmas Cipedes cukup baik,meskipun begitu ada beberapa desa kasus stunting nya agak menonjol diantaranya di wilayah desa. Karangtunggal serta di desa Cipedes.sehingga dibentuk kampung KB.

Dalam meminimalir hal tersebut pihak kami secara rutin setisp hari lakukan peripilasi kesetiap wilayah desa dan hal tersebut kami lakukan secara bertahap per desa tidak serempak karena kalau sekaligus agak berat,”Tutup kepala Puskesmas Cipedes ini.

Sementara ditambahkan kasie pemberdayaan kecamatan Paseh H irawan dalam paparan sambutanya mengulas hal yang sama dan menyampaikan bentuk sosilisasi berbagai upaya penaggulangan masalah kesehatan bagi masyarakat di setiap desa yang ada serta perlunya ditindaklnjuti oleh semua pihak terutama oleh para penggerak pkk yang ada.

Menurut H Irawan diharapkan kedepan kestiap warga terutama ibu hamil dapat menjaga pola makan,menjaga gizi yang baik.dengan artian tidak harus mengkonsumsi makanan yang mahal mahal meskipun sederhana tatapi penuh gizi,
Hingga si ibu dapat menjaga bayi selama dalam
kandungan,agar ibu dan anak tetap sehat.,”katanya

“Kami harapkan para penggerak selalu dapat mensosialisasikan terhadap warga agar kesehatan ibu dapat terjaga dan terkontrol,”papar H Irawan
Selain itu ,lebih lanjut menerangkan perlunya penangulangan,
masalah sanitasi air bersih, perlunya mempunyai jamban sendiri hinga tidak buamg air besar sebarangan.
Demi pola sehat diharap
warga yang tak memiliki jamban sendiri dapat memiliki masing masing .agar lingkungan sehat. Terkait penanggulangan masalah sampah juga diharapkan menjadi bahan skala prioritas,agar lingkungan menjadi sehat terhindar dari segala penyakit,”Tutur Kasie pemberdayaan kecamatan Paseh ini .***

Taryana Budiman

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI