Minggu, 19 Mei 2024
BerandadeNewsKejari Garut : Refleksi Pemilu, Kades Kampanye dan Penggelembungan Suara

Kejari Garut : Refleksi Pemilu, Kades Kampanye dan Penggelembungan Suara

Dejurnal.com, Garut – Sentragakumdu merupakan wadah pembahasan terkait pelanggaran yang ditemukan pada proses tahapan pemilu 2019 dan selanjutnya akan diserahkan kepada bidang sesuai permasalahannya.

Hal itu disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Garut H. Azwar SH, dalam Refleksi Tahapan Pemilu Pada Pemilihan Umum Tahun 2019 bertempat di Hotel Santika Jl. Cipanas Baru Pananjung Kec. Tarogong Kaler Kab. Garut, Rabu (28/8/2019).

Azwar melanjutkan, refleksi pelanggaran dalam pelaksanaan pemilu 2019 di Kabupaten Garut yang ditangani pihak Gakumdu, antara lain pelanggaran kepala desa yang melakukan kampanye pada saat masa kampanye dan masuk pidana sehingga menjalani hukuman 2 bulan.

“Adanya penggelembungan dan pengurangan suara pada hasil pemilu 2019 dan masuk ke ranah administrasi dan hakim menyatakan lepas dari tuntutan hukum,” pungkasnya.

Menurut Kompol Afri Rahman (kabag ops Polres Garut)
a. Refleksi ini adalah berupa analisa dan evaluasi kinerja sentragakumdu selama pemilu 2019, setiap tahapan memiliki kerawanan yg berbeda.
b. Berdasarkan tupoksi kepolisian yaitu melayani, mengayomi, dan menegakkan hukum tanpa pandang bulu.
c. Kami melakukan refleksi saat ini terkait kegiatan Pemilu 2019 yang lalu kayanya tidak sanggup apabila tidak ada kerja sama antara semuanya unsur dan warga Garut.
d. Ada 3 kasus pada pemilu 2019 yang masuk kedalam ranah pidana dan masuk meja persidangan.
e. Refleksi bagi kami pada pemilu 2019 yaitu apabila kita melakukan segala sesuatu dengan sinergitas dan kerjasama yang baik pasti akan berhasil dan sukses serta akan terasa ringan.
f. Masukan buat penyelenggara pemilu, seluruh stekholder dan seluruh parpol untuk melakukan pelaporan setiap akan ada kegiatan yang dilaksanakan.

Tampak hadir dalam kegiatan
Eliazar Barus Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Komisioner Bawaslu kab. Garut, Drs. Wahyudijaya kaban kesbangpol Garut, AKP Dani Satriana Kasat Intel Polres Garut, H. Azwar SH Kepala Kejaksaan Negeri Garut, Basri Junaidi ketua KPU Garut dan 16 perwakilan partai politik, perwakilan unsur Mahasiswa.

Prihal

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI