Jumat, 12 April 2024
BerandadeNewsApa Kabar Penataan Sampah TPA Jalupang?

Apa Kabar Penataan Sampah TPA Jalupang?

Dejurnal.com, Karawang – Asap putih tebal membumbung di sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jalupang yang berlokasi di desa Wancimekar Kotabaru, percikan-percikan api kecil menyala di beberapa titik dalam gunungan ribuan kubik sampah. Di pintu masuk TPA Jalupang, truk pengangkut sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Pemkab Karawang keluar masuk.

Menurut salah Tenaga Harian Lepas (THL) TPA Jalupang bernama Sawa yang bertindak sebagai pengawas mengatakan bahwa api yang muncul dari gunung sampah Jalupang tidak sengaja dibakar, namun api itu terjadi dengan sendirinya.

“Gunungan sampah ini kan udah bertahun-tahun, sudah mengandung gas metan sehingga menimbulkan api dan membakar sampah,” ujar Sawa saat diajak berbincang dengan dejurnal.com di gerbang TPA Jalupang.

Kami, lanjut ia, justru berusaha untuk memadamkan percikan api yang tersebar agar tidak meluas karena terbakarnya gunungan sampah mengakibatkan asap putih tebal.

“Warga sekitar sini yaa sudah biasa lagi dengan asap TPA Jalupang, mau bagaimana lagi,” ujarnya.

Ketika ditanya selain pola buang (open dumping), apa ada pengolahan lain terhadap sampah di TPA Jalupang, Sawa mengatakan setahu dirinya selama bekerja jadi THL di sini tidak ada.

“Cuma buang saja, saya kan yang mengawasi keluar masuk mobil pengangkut sampah baik truk dari DLHK ataupun mobil pengangkut sampah dari pihak perusahaan,” ujarnya.

Menurut Sawa dulu sempat ada wacana pengolahan sampah bahkan sudah ada pembangunannya, tapi entah kenapa tidak jadi bahkan bangunan-bangunannya pun dibiarkan begitu saja.

“Masyarakat di sini tahunya itu proyek menghabiskan puluhan miliar dan gagal,” pungkasnya.***Tim/Red

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI