Sabtu, 15 Juni 2024
BerandadeNewsAntara Nyalon Bupati Atau Tetap Ketua DPRD, Sugianto Pilih Yang Lebih Maslahat

Antara Nyalon Bupati Atau Tetap Ketua DPRD, Sugianto Pilih Yang Lebih Maslahat

Dejurnal.com, Bandung – Ketua DPRD Kabupaten Bandung, H. Sugianto menganggap suatu dinamika yang sedang dibangun dalam menghadapi Pilkada jika dirinya mengambil formulir pendaftaran bakal calon (balon) Bupati Bandung, di hari pertama dibuka pendaftaran balon Bupati Bandung 10 Nobember 2019 lalu.

“Apa lagi kita sedang menunggu arahan pusat itu kemana. Kan sekarang ada dua wacana. Pertama, wancana Pilkada tidak langsung atau Pilkada dipilih DPRD kembali. Kedua, wacana tentang calon dari politisi atau dari anggota DPR, DPRD, cuti atau mengundurkan diri,” tutur Sugianto saat ditemui di kantornya, di Soreang, Jum’at (15/11/2019).

Bagi Sugianto sendiri, nantinya akan mempertimbangkan mana yang lebih maslahat.

“Kalau nanti maslahatnya lebih besar jadi bupati, kenapa tidak. Tapi kalau maslahatnya lebih besar dalam memimpin DPRD, itu juga bagian dari tugas sebagai kader,” terangnya.

Dalam kapasitas Sugianton sebagai Sekretaris DPD Golkar, ia berharap nantinya si balon bupati yang yang menjadi calon harus bisa memenangkan Pilkada.

“Mudah-mudahan dengan tiga kali survey yang dilakukan DPP Golkar ini bisa menghasilkan apa yang diharapankan masyarakat. Nantinya tidak lagi atas nama Partai Golkar, tapi jadi bagian dari masyarakat. Oleh karena itu survey ini walaupun sifatnya penugasan dari DPP Golkar, kita dilapangan tidak bersentuhan langsung,” ujar Sugianto.

Sugianto menambahkan, dirinya tidak tahu pihak DPP Golkar melakukan survey, tapi menurut kabar sejak sebelum dibuka pendaftaran sampai sekarang survey tersebut dilakukan.

“Mereka survey bagaimana terhadap penokohan. Menurut saya yang dilakukan oleh tim Golkar pusat ini bagus. Kita tidak tahu mereka survey. Kabarnya melakukan survey jauh-jauh hari sebelum dibuka pendaftaran balon bupati oleh DPD Golkar. Surveynyab tidak hanya internal Golkar, tapi di ektetnal yang memungkinkan nantinya berkoalisi dengan partai lain,” ungkap Sugianto.

Selain itu, lanjut Sugianto tim Pilkada khususnya DPD Golkar juga mempersiapkan untuk membangun koalisi dengan partai lain.

“Kita sadar, walau pun Partai Golkar bisa mengusung sendiri pasangan calon bupati dan wakilnya, tetapi Golkar tidak begitu,” ujar Sugianto.

Meski sudah melakukan komunikasi secara lisan, namun kata Sugianto, pimpinan Golkar secara formal belum mengadakan komitmen dengan partai lain.

“Kalau ngobrol-ngobrol biasa sudah ada seperti dengan PDI Perjuangan, dengan teman-teman Gerinda, PKB juga. Namun belum ada pertemuan khusus antara pimpinan partai. Mudah-mudahan setelah inpentarisasi keluar nama balon, kita silaturahmi dengan parpol di Kabupaten Bandung,” jelasnya.*** Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI