Senin, 22 April 2024
BerandadeNewsTanah bergeser, Kades Sudi Khawatirkan Keselamatan Warga.

Tanah bergeser, Kades Sudi Khawatirkan Keselamatan Warga.

Dejurnal.com – Bandung

Adanya pergeseran tanah yang hampir melingkar dengan kedalaman di prediksi 3-5 meter, lebar 10-20 cm dan panjang diperkirakan lebih dari 15 meter, membuat kepala desa Sudi uring-uringan. Pasalnya pergeseran tanah itu retakanya berada di seputaran rumah warga.

” Saya mengkhawatirkan terhadap keselamatan warga yang berlokasi di Kp. Ciseke Rw 05 Desa Sudi Kec. Ibun, sebab di dekat retakan itu terdapat beberapa rumah warga,” ungkap Kepala Desa Sudi Kec. Ibun Zamzam Lukmanul Hakim kepada awak media sabtu sore (9/11).

Zamzam menjelaskan, saya mendapat laporan dari warga bahwa ada pergeseran tanah di kampung ciseke RW 05, mengingat keselamatan warga lebih penting jadi langsung melihat lokasi ternyata benar ada pergeseran tanah di dekat rumah warga, takut ada hal yang tidak diinginkan karena jiwa keselamatan warga lebih penting, ” kata dia. Padahal kami lagi sibuk melaksanakan kegiatan milang kala desa kami,” ujarnya.

Untuk antisipasi, kata dia, kita telah menghimbau kepada warga setempat bersama Rw dengan melibatkan linmas desa untuk berjaga-jaga agar tetap waspada. Kalau pergeserannya semakin lebar dan mendalam, kemungkinan warga yg dekat lokasi di imbau agar mengungsi saja ke rumah saudaranya agar aman.

” Ini diprediksi karena ada nya perubahan musim dari kemarau ke musim penghujan, baru saja ada hujan pertama dati musim kemarau yang terik tertimpa hujan, itu bisa mengakibatkan pergeseran tanah yang gembur,” terang dia.

Zamzam berharap, semoga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, “meski hati kecil saya khawatir” berdoa sama allah jangan ada kejadian di luar nalar kita, ” pintanya.

Ia juga akan melakukan kordinasi dengan pihak muspika Kecamatan, juga tembusan ke pihak dinas terkait, BPBD, agar menjadi pertimbangan, guna keselamatan warga kami,” pungkasnya.***

Taryana Budiman

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI