Rabu, 29 Mei 2024
BerandadeNewsBPN ICI Gagas Yayasan Solideritas Bersama Garap Bidang Sosial Kemanusiaan

BPN ICI Gagas Yayasan Solideritas Bersama Garap Bidang Sosial Kemanusiaan

Dejurnal.com, Bandung – BPN Indonesian Corruption Investigation (BPN ICI) Jawa Barat selain lembaga penggiat korupsi juga konsen dalam bidang sosial terutama menyantuni anak yatim piatu dibawah Yayasan Solideritas Bersama yang bekerja sama dengan warga negara Kerajaan Saudi Arabia selaku pemberi dana hibah untuk anak yatim piatu di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Direktur ICI Jawa Barat Marwan Ali Hasan, SH kepada dejurnal.com disela-sela acara penyantunan anak yatim piatu, beberapa waktu lalu.

“Yayasan Solideritas Bersama pun menggandeng beberapa organisai masyarakat yang ada di Jawa Barat di antaranya di Kabupaten Karawang, Subang, Purwakarta dan Garut,” ujarnya.

BPN ICI, lanjut Marwan, menghimbau dan mengajak kepada organisasi masyarakat agar memprioritaskan bidang sosial dan kemanusiaan, termasuk diantaranya menjadi orang tua asuh anak-anak yatim dan yatim piatu.

“Meningkatkan kesalehan sosial juga salah satu hal yang dapat menjadi tindakan preventif agar para pemangku jabatan bisa merasakan korupsi yang mereka perbuat dapat menyengsarakan orang lain,” tukasnya.

Saat ini, Yayasan Solideritas Bersama dengan organisasi masyarakat sedang melakukakan pendataan dan mengumpulkan anak-anak yatim atau yatim piatu snak usia sekolah dari SD sampai SMP atau sederajat dengan menyertakan KTP/KK orang tua.

“Data yang sudah ada lalu anak-anak kita Medical Chek-Up di klinik yang sudah bekerjasama dengan Yayasan Solideritas Bersama untuk mengetahui kondisi kesehatan anak-anak asuh karena kita juga menjamin untuk biaya kesehatan mereka,” terang Marwan.

Lalu kita mendaftarkan sekolah ke sekolah-sekolah sesuai dengan tahapan usianya, bagi yang sekarang sudah sekolah maka kita akan mendatangi dimana mereka sekolah untuk membuat pernyataan dengan pihak sekolah bahwa Yayasan Solideritas Bersama yang membiayai biaya sekolah anak asuh tersebut dan memenuhi semua butuhannya di sekolah.

“Selain menjamin untuk mendapatkan pendidikan umum maka kami juga memberi pendidikan agama Islam dengan mengadakan pengajian harian bagi mereka yang tinggal di asrama dan pengajian mingguan bagi anak-anaktt yang tidak tinggal di asrama,” tambahnya.

Marwan menegaskan bahwa untuk kegiatan tersebut BPN-ICI dengan Yayasan Solideritas Bersama tidak memungut biaya dan tidak meminta sumbangan dari pihak manapun juga baik itu swasta atau pemerintah dan BPN-ICI mejamin sepenuhnya dengan bantuan seorang dermawan.

“Ia hamba allah yang enggan disebutkan namanya dan berasal dari Kerajaan Saudi Arabia,” pungkasnya.***Rach

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI