Jumat, 19 Juli 2024
BerandadeNewsWarga Dusun Sawah Garung Loji Olah Sampah Plastik Jadi BBM

Warga Dusun Sawah Garung Loji Olah Sampah Plastik Jadi BBM

Dejurnal.com, Kab. Sukabumi – Sampah plastik menjadi masalah yang perlu diperhatikan, pasalnya sampah plastik tidak ramah lingkungan dan merupakan penyumbang emisi gas jika penguraian sampah dilakukan dengan cara di bakar.

Di Kabupaten Sukabumi tepatnya di RW 04 Dusun Sawah Garung Desa Loji Kecamatan Simpenan yang termasuk sebagai Kampung KB melakukan terobosan dengan mengolah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak (BBM).

Menurut Pengurus Kampung KB sekaligus inisiator sampah plastik jadi BBM, Erin Heryanti, mekanisme sampah plastik menjadi BBM adalah dengan menggunakan metode memanaskan plastik pada suhu di atas 4.000 C tanpa oksigen.

“Plastik akan meleleh dan kemudian menjadi gas,” ujarnya kepada dejurnal.com, Selasa (14/1/2020).

Proses selanjutnya adalah pendinginan dengan tempat yang di sediakan sehingga gas akan membentuk cairan. Dengan peralatan dan pengetahuan seadanya kampung KB RW 04 beserta IPDS terus belajar menjadikan limbah sampah rumah menjadi manfaat.

“Dengan sampah plastik menjadi BBM, sampah plastik tidak lagi menjadi masalah bagi Kampung KB RW 04,” ujarnya.

Untuk menyebarkan pengelolaan sampah plastik dan mengajak warga lainnya, warga Kampung KB RW 04 dan Ikatan Pemuda Dusun Sawah Garung giat mengedukasikan ke masyarakat sekitar.

Selama ini warga membuang sampah di kali, di sawah dan di pesisir dikarenakan bingungnya untuk membuang sampah dan minim pengetahuan bahayanya sampah, sehingga sampah di mana-mana dan setiap harinya tidak ada yang bersihkan.

Pihak terkait pun sering mengabaikan sampah-sampah yang ada di kali, sawah atau dekat perumahan sehingga pada musim hujan sering terjadi banjir.

Semoga upaya Kampung KB dan IPDS mensosialisasikan hal ini ke setiap masyarakat kedusunan Sawah Garung agar memiliki kesadaran dan ikut serta bertanggung jawab dalam masalah membuang sampah rumah pada tempatnya.***Hendri

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI