Selasa, 21 Mei 2024
BerandadeNewsDansektor 9 Tutup Saluran Pembuangan Limbah dari PT Combhipar

Dansektor 9 Tutup Saluran Pembuangan Limbah dari PT Combhipar

Dejurnal. com, Bandung — Satgas Citarum Harum Dansektor 9 Kolonel Inf Amir Mahmud menutup paksa saluran air boiler yang di gelontorkan langsung ke sungai tanpa diolah terlebih dahulu oleh PT. Combhipar.

Hal tersebut dilakukan pada inspeksi mendadak (Sidak) rutin untuk mengecek pembuangan limbah industri-industri di kawasan Padalarang Kabupaten Bandung Barat, Jum’at (14/02/2020).

Tindakan penutupan saluran tersebut karena limbah yang langsung digelontorkan dapat merusak ekosistem yang diduga saluran ini menjadi saluran yang mencemari lingkungan milik pabrik obat PT. Combhipar tersebut.

Sempat terjadi adu mulut antara Dansektor 9 dengan petugas Ipal PT. Combhipar yang bernama Arif ketika Kolenel Amir mengetahui air buangan tersebut dari boiler dan condensatadu ternyata kondisi airnya panas suhunya mencapai 50 derajat celsius, Dansektor 9 langsung menutup paksa saluran pembuangan yang diduga saluran ini menjadi saluran yang mencemari lingkungan milik pabrik obat PT. Combhipar tersebut.

Dansektor 9 menyayangkan hal ini masih terjadi. Hampir tiga tahun berjalan program Citarum harum yang digagas Presiden Jokowi masih saja ada industri nakal yang mencoba buang air yang berbahaya tanpa diolah terlebih dahulu. Satgas Citarum harum sektor 9 menyatakan perang terhadap pelaku pencemaran lingkungan.***

Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI