Sabtu, 18 Mei 2024
BerandadeNewsPemdes Cicadas Berharap PADesa Masuk Dari Wisata Curug Malela

Pemdes Cicadas Berharap PADesa Masuk Dari Wisata Curug Malela

Dejurnal.com, Bandung Barat – Sejatinya, Curug Malela yang telah menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Bandung Barat, dapat menjadi potensi dan juga menambah pendapatan asli desa (PADes). Pasalnya, secara geografis Curug Malela berada di Desa Cicadas Kecamatan Rongga dan pembuka awal juga pihak pemerintah dan masyarakat Desa Cicadas.

“Namun ketika Curug Malela sudah ramai pengunjung, pemerintah dan masyarakat desa hanya jadi penonton saja,” keluh Kepala Desa Cicadas Kecamatan Rongga, Daman Setia Permana kepada dejurnal.com, Senin (10/11/2019).

Ia melanjutkan, sebelum pemekaran Bandung Barat, awal pembukaan dan penataan wisata Curug Malela dilakukan oleh pihak pemerintahan desa dan masyarakat.

“Waktu itu saya menjabat Ketua BPD Cicadas dan jalan menuju Curug Malela masih berupa kubangan kerbau,” kenangnya.

Daman melanjutkan, seiring dengan waktu Curug Malela mulai dilirik wisatawan baik dari wilayah Bandung Barat ataupun dari luar, karena air terjunnya eksotik maka banyak yang penasaran berwisata ke Curug Malela walaupun medan jalan sulit ditempuh.

“Sekarang ketika sudah ramai, dilirik Pemkab bahkan pihak provinsi pun atensi kepada Curug Malela,” ujarnya.

Anehnya, lanjut Daman, pihak pemerintah desa justru tidak dilibatkan dalam pengelolaan Curug Malela, MoU pengelolaan hanya pihak Dinas Pariwisata dan Perhutani saja.

“Padahal ketika ada apa-apa dengan pengunjung, yang paling pertama disibukan adalah pemerintah desa,” ungkapnya.

Daman juga tidak berharap lebih terhadap wisata Curug Malela, namun minimal pemerintah desa dilibatkan dalam MoU pengelolaan karena sebagai potensi desa, wajar jika desa mendapatkan PADes dari Curug Malela.

“Saat ini pihak bumdesa hanya diberi mengelola parkiran, itupun dikelola oleh empat pihak, sebulan pengelola parkir dari pihak desa cuma kebagian Rp 200 ribu per bulan,” pungkasnya.***Rach/Sur

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI