Jumat, 24 Mei 2024
BerandadeNewsKades Kadununggal Gandeng Para Ustad Inisiasi Kesalehan Sosial Guna Tingkatkan SDM

Kades Kadununggal Gandeng Para Ustad Inisiasi Kesalehan Sosial Guna Tingkatkan SDM

Dejurnal.com, Kab. Sukabumi – Dalam upaya mencari bibit unggul dalam bidang Tilawah Quran, para ustadz dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Desa Kadununggal Kecamatan Kalapa Nunggal gelar gempungan di Bale Desa, beberapa waktu lalu. Gempungan itu atas prakarasa Kepala Desa Kadununggul yang akrab disapa Kades Bako.

“Desa Kadununggal ini dulu dikenal sebagai desa tempat qari dan qariah berada, saya ingin menghidupkan itu lagi,” ujar Kades kepada dejurnal.com, Minggu (16/2/2020).

Dikatakannya, setiap tahun Pemkab Sukabumi selalu mengadakan Musyabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) dan kami selalu kesulitan untuk mengirim utusan qari dan qariah ketika diminta.

“Bukan tak ada potensi, namun ketidaksiapan kita, padahal bibit qari dan qariah banyak,” cetusnya.

Oleh karena itu, lanjut Kades Bako, pihaknya menginisiasi para ustad dan ustadzah bersama MUI Desa untuk urun rembug mempersiapkan hal itu.

“Ini juga menjadi titik tolak dimulainya program peningkatan pendidikan di Desa Kadununggal,” ujarnya.

Menurut Kades Bako, program ini akan membantu program Wajar Dikdas 9 tahun, karena akan membantu anak dari putus sekolah di tengah jalan karena ketidakmampuan ekonomi.

“Kami akan menginisiasi rereongan sarupi untuk mengcover pembiayaan, artinya budaya gotong royong untuk kesalehan sosial akan digalakan di desa Kadununggal,” tuturnya.

Guna mensukseskan hal itu, Kades Bako mengaku sudah mempersiapkan mekanismenya agar seluruh elemen masyarakat desa bisa mendukung bahkan terlibat di dalamnya.

“Insya allah akan diperdeskan biar ada payung hukumnya,” pungkasnya.***TimSkbm

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI