Senin, 15 April 2024
BerandadeNewsBuntut Pose Dua Jari H Sopian, FSK Geruduk Kantor Kemenag Karawang

Buntut Pose Dua Jari H Sopian, FSK Geruduk Kantor Kemenag Karawang

Dejurnal.com, Karawang – Buntut pose dua jari Kepala Kemenag Karawang H Sopian yang dianggap tidak netral menjelang pemilukada Kabupaten Karawang, FORUM Santri Karawang (FSK) geduduk dan lakukan aksi demo ke kantor Kemenag Karawang Kamis (12/3/2020).

Para pendemo masuk ke halaman kantor sambil membawa sejumlah poster yang isinya meminta agar kepala kemenag H Sopian dan jajarannya serta instansi pemerintahan manapun untuk menjaga netralitas serta etika profesi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya di kab. Karawang dalam menghadapi pilkada.

Menurut kordinator FSK Yopi Kurniawan PNS harus bersikap netral karena sudah jelas dalam UU No 5 thn 2014 tentang ASN bahwa setiap pegawai negeri sipil tidak boleh berpihak dari segala pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun.

Kemudian ketentuan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor: 42 Tahun 2004 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil (PNS) “PNS dilarang melakukan perbuatan yang mengarah pada keberpihakan salah satu calon atau perbuatan yang mengindikasikan terlibat dalam politik praktis/berafiliasi dengan partai politik,”

“Maka jelas itu (UU/PP) harus di patuhi, jika tidak maka sanksi terhadap pelanggaran perlu ditegakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” jelas Yopi

Dikatakannya, kendati saat ini belum masuk pada tahapan pemilu namun tidak lantas ASN bertindak tanduk yang mengindikasikan pelanggaran terhadap aturan baik UU maupun PP.

“Karena jika tindakan itu di biarkan maka emungkinan besar dikemudian hari akan diulangi pada tahapan perhelatan atau masa kampanye di pemilu karena hal itu akan menyakiti hati masyarakat dan perlu di ketahui jika masyarakat sudah tersakiti maka ASN perlu berhati2 karna dalam idiom demokrasi suara rakyat adalah suara tuhan.” Ungkap Yopi..RIF

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI