Sabtu, 15 Juni 2024
BerandadeNewsInilah Nama-nama Anggota Dewan Kebudayaan Kabupaten Bandung

Inilah Nama-nama Anggota Dewan Kebudayaan Kabupaten Bandung

Dejurnal.com- Kabupaten Bandung.
Dian Hendrayana, S.S., M.Pd akhirnya terpilih menjadi Ketua Dewan Kebudayaan (DK) Kabupaten Bandung. Sebelumnya, tim formatur yang diketuai oleh H. Adang Sutardi, SH., M.M melakukan seleksi sejumlah delegasi dari tiap kecamatan. Dari 31 kecamatan ada 22 orang delegasi, artinya 9 kecamatan tidak mengikuti uji penyampaian presentasi yang dilangsungkan di Hotel Antik Soreang, Selasa (10/3/2020).

“Para delegasi yang menyampaikan presentasi di sini juga merupakan orang terpilih dari kecamatan masing-masing, yang dianggap sebagai figur yang peduli terhadap kebudayaan,” kata Adang di sela-sela acara yang berlangsung dari pagi hingga malam ini.

Tim formatur sendiri lanjut Adang, terdiri dari pegiat seni, budayawan, dan akademisi, serta dari Disparbud

Ke-22 orang delegasi menyampaikan presentasi untuk dinilai. Calon anggota DK Kabupaten Bandung yang terpilih yaitu berdasarkan rangking 1 sampai 9.

Ketua DK Kabupaten Bandung, Dian Hendriyana (Foto : Sopandi)

Ke-9 orang yang terpilh jadi anggota DK tersebut kemudian secara aklamasi memilih Dian Hendrayana sebagai ketua.

Inilah nama-nama anggota DK Kabupaten Bandung; Dian Hendrayana, S.S., M.Pd., Indra Rahmat Y, S.ST., M.Sn., Dani Sugiri, ST., M.T., Dadang Hermawan, Ganjar Gunawan, Devi Mulyana, S.Pd., Jajat Sudrajat, S.Sos, RD Ahmad Taufik, SE., M.AK, dan Teten Hidayat, S.Sn.

Dian Hendrayana mengaku awalnya terkejut dengan terpilihnya sebagai Ketua DK Kabupaten Bandung yang notabene sebagai cikal terbentuknya DK di Kabupaten Bandung di tahun 2020 hingga 2025 mendatang.

Namun, kata Dian dengan terpilihnya secara demokratis, ia mengaku senang dan akan menjunjung tinggi kepercayaan tersebut dengan wujud kinerja yang baik serta harus memperlihatkan dedikasinya kepada masyarakat Kabupaten Bandung.

Langkah pertama yang akan ia lakukan adalah mengenal lebih dekat para anggota, terutama latar belakang dan karakter masing-masing. Dari sana, kata Dian akan dipetakan kemampuan masing-masing, sebab potensi latar belakang masing-masing akan mempengaruhi kinerja.

“Umpamanya ada anggota yang latar belakangnya seni tari, tentu nanti akan mengelola materi-materi yang berhubungan dengan tari. Jadi mereka paham apa yang akan dihadapi,” ungkap Dian.

Sebagai prioritas dalam langkah kerja DK Kabupaten Bandung kata Dian, yaitu memprogramkan pemetaan atau inventarisasi materi seni budaya yang 10 unsur pemajuan kebudayaan di Kabupaten Bandung. Sebab dengan sudah diinventarisir akan terlihat, dari sanalah keberangkatan program kerja.

“Mana yang termasuk harus dikembangkan, harus dimajukan, harus dilestarikan, dan mana yang dimuseumkan. Intinya mulai sekarang saya dan anggota DK siap membantu pemerintah, bersama-sama sabilulungan memajukan seni dan budaya Kabupaten Bandung,” pungkasnya.***Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI