Sabtu, 27 Juli 2024
BerandadeNewsKarawang Cerah Menata Sekolah Berbasis Laut Dan Sawah

Karawang Cerah Menata Sekolah Berbasis Laut Dan Sawah

Dejurnal.com, Karawang – Kabupaten Karawang saat ini sedang cerah dan menata sekolah berbasis laut dan sawah. Hal itu dikatakan Bupati Karawang Cellica dalam sambutannya di hadapan seluruh Kepsek SD dan SMP serta para Pejabat eselon dan anggora DPR RI anggota komisi IV Dedi Mulyadi yang melaksanakan Reses serta Budayawan Sujiwo Tedjo dan DPRD setempat juga turut hadir di Gedung Galeri Budaya Karawang Rabu (4/3/2020).

Menurut Bupati setiap tahunnya produksi beras di wilayah ini surplus. Pasalnya, dari luas baku areal persawahan yang ada mencapai 97 ribu hektar, mampu menghasilkan 1,3 juta ton gabah kering panen (GKP). Dari jumlah produksi itu, surplusnya mencapai 800 ribu ton beras per tahun.

“Konsumsi beras masyarakat Karawang 500 ribu ton per tahun, 800 ribu ton menjadi surplus untuk Indonesia, dan pihaknya selalu
berkomitmen bahwa Pemkab Karawang dengan DPRD Karawang membuat kebijakan dan peraturan untuk menjaga status Kabupaten Karawang sebagai lumbung padi Jawa Barat bahkan skala nasional.” Jelas Bupati.

Dikatakannya bahwa Kabupaten Karawang dalam waktu dekat juga akan membangun museum kelautan.
Seperti diketahui, di wilayah laut Cilamaya, ditemukan kapal pesiar yang berisikan benda-benda berharga. Benda-benda berharga seperti koin emas, mangkok emas dan benda berharga lain yang saat ini dititipkan di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Sehingga pendidikan karakter agar siswa mencintai alam dan menjaga lingkungan harus ditanamkan oleh para guru di Karawang. Mengingat, alam di Kabupaten Karawang sangat kaya.

“Bagaimana anak-anak Karawang ini tau bagaimana cara bertani. Jadi harus ada kearifan lokal yang tetap kita jaga,” kata Bupati.***RIF

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI