Kamis, 20 Juni 2024
BerandadeNewsSelain Wabah Covid-19, Panen Gagal Diterpa Angin dan Hujan

Selain Wabah Covid-19, Panen Gagal Diterpa Angin dan Hujan

Dejurnal.com, Cianjur – Terpaan angin serta di guyur hujan mengakibatkan tumbuhan padi yang siap panen mengalami kegagalan yang patal. Pasalnya tumbuhan padi yang tadinya berdiri kokoh menjadi roboh (ayeuh istilah bahasa sunda).

Salah seorang petani yang berasal dari Kampung Tanah Lapang Desa Maleber Kecamatan Karang tengah Kabupaten Cianjur Berinisial Bm keluhkan hal tersebut.

“Menjelang musim panen di awal tahun 2020 ini saya merasa sangat sedih sekali karena saya seorang petani yang mempunyai lahan garapan hanya dua petak sawah dengan ukuran kurang lebih 4000 m² yang jadi sumber mata pencaharian saya untuk menghidupi keluarga mengalami gagal panen akibat dari terpaan angin serta di guyur hujan belum lagi banyak hama juga burung yang memakan padi,” keluhnya.

Apalagi dengan maraknya berita penyebaran virus corona Covid – 19 yang sebagaimana saya tahu adanya instruksi pemerintah bahwa untuk masyarakat agar senantiasa bisa berdiam diri sementara di rumah,

“Justru tambah makin bingung bagi saya.” ungkapnya.

Lanjut Bm, dengan adanya kondisi tumbuhan padi yang saya garap ini roboh (ayeuh ) hingga saya ke bingungan untuk ngaritnya (panen ), belum lagi tidak ada yang mau kuli karena takut tekena virus corona katanya.

“Terpaksa saya ngarit sendiri dari hari senin kemarin sampai hari ini Rabu (01/04/2020) belum selesai, mau bagaimana lagi kalau sudah begini, biasanya banyak ibu – ibu yang mau kuli,” tandasnya.***Gun

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI