Minggu, 16 Juni 2024
BerandadeNewsSungai Citarum Meluap, Karawang Siaga Banjir

Sungai Citarum Meluap, Karawang Siaga Banjir

Dejurnal.com, Karawang – Hujan yang mengguyur sejumlah daerah di hulu sungai citarum, membuat debit sungai meningkat. Akibatnya, di sejumlah titik di Kabupaten Karawang terendam banjir akibat sungai tersebut meluap ke daratan ,dengan kondisi ini ,BPBD setempat menyatakan Karawang siaga banjir.

” Curah hujan di Bandung sangat tinggi, kami khawatir meluapnya sungai citarum berdampak luas,” kata Kepala BPBD Karawang, H. Yasin Nasrudin Selasa siang (5/5/2020).

Yasin mengatakan, wilayah yang sudah terendam banjir di 2 desa yaitu Desa Tegallega dan Desa Karangligar dan Kelurahan Karawang Kulon, Kelurahan Tanjungpura dan Kelurahan Tanjungmekar akibat luapan sungai citarum. Sedikitnya 142 rumah yang tergenang dengan ketinggian air yang bervariasi antara 30 cm sampai 60 cm.

Namun demikian warga yang bermukim di bantaran Sungai Citarum di Wilayah Kabupaten Karawang diminta untuk waspada pasca meluapnya air sungai tersebut.Terlebih bagi warga yang desa mereka sudah menjadi langganan banjir setiap datangnya musim penghujan.

“Kami minta warga untuk tetap tenang dan waspada. Apalagi di tengah pandemi ,warga tetap jaga kesehatan dan menjaga pola hidup sehat dan bersih,” ucapnya.

Disamping itu, BPBD telah menyiapkan kebutuhan untuk warga yang terdampak banjir.

“Bantuan diberikan jika masyarakat membutuhkan dengan mengajukan surat melalui kelurahan maupun desa setempat,” ujarnya.***RiF

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI