Selasa, 28 Mei 2024
BerandaGerbangDesaBLT Dana Desa Margahayu Selatan Disalurkan Pertengahan Juni

BLT Dana Desa Margahayu Selatan Disalurkan Pertengahan Juni

Dejurnal.com, Bandung – Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk 171 warga Desa Margahayu Selatan, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung yang terdampak Covid-19 belum direalisasikan. Padahal 3 desa lainnya yang berada di kecamatan tersebut semuanya sudah tersalurkan.

Kepala Desa Margahayu Selatan, H. Amin M Barkah, ST memaparkan alasan kenapa BLT dari Dana Desa (DD) untuk warga desanya belum disalurkan. Saat dihubungi di kantornya di sela penyaluran sembako dari bantuan gubernur, Selasa (9/6/2020) ia menjelaskan, BLT untuk 171 warganya akan disalurkan pertengahan Juni.

“Mudah-mudahan pertengahan Juni dapat tersalurkan, DD Margahayu Selatan tahap pertama sudah cair, tetapi saat itu belum turun peraturan dari pemerintah pusat yang bisa menyalurkan DD untuk BLT, jadi DD tahap pertama Desa Margahayu Selatan digunakan umtuk penanganan Covid-19 seperti penyemprotan disinfektan dan sosialisasi, sebab Desa Margahayu Selatan menjadi percontohan penanganan Covid-19 di Kabupaten Bandung yang ditekankan langsung oleh Kapolresta Bandung, Jadi harus cepat-cepat,” tutur H. Amin.

Ia menambahkan, DD tahap pertama juga ada sebagian yang digunakan untuk penyediaan pangan.

“Ada sebagian digunakan untuk pemberian sembako,” katanya.

H. Amin berharap bantuan dari pemerintah bermanfaat bagi masyarakat, bisa mengurangi beban kebutuhan di tengah Covid-19. Pihaknya, dalam mendata masyarakat melibatkan RT karena RT yang lebih tahu kondisi warganya.

Namun, bila ternyata dalam beberapa bentuk bantuan, penerima manfaatnya justru dikabulkan oleh data dari pusat. Jadi, kata H. Amin, jika ternyata ada penerima bantuan, tetapi dinilai ia mampu, ada yang lebih.membutuhkan, H. Menghinbau agar bantuan itu diberikan saja kepada yang lebih membutuhkan.

Dalam bantuan sembako dari gubernur Desa Margahayu Selatan mengajukan 450 orang, yang dikabul 353.

Jumlah penduduk Desa Margahayu Selatan 41.522 jiwa,.tersebar di 21 RW dan 116 RT. Ada dua RW yang yang warganya tidak ada satu pun terdaftar jadi penerima manfaat yaitu RW 15 dan18 di Komplek Taman Kopo Indah. ***Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI