Senin, 20 Mei 2024
BerandadePolitikAnggota APDESI Harus Netral

Anggota APDESI Harus Netral

Dejurnal.com,Bandung – APDESI tidak boleh berafiliasi pada politik, karena merupakan lembaga yang didirikan oleh para kepala desa yang sipatnya kolektif kolegial, sehingga tidak boleh mengambil keputusan sendiri. Demikian dikatakan Wakil Ketua Apdesi Kabupaten Bandung H. Dadan Suryana di kantornya, Jum’at (28/7/2020).

Begitu pun dalam Pilkada Kabupaten Bandung 9 Desember 2020 nanti, Apdesi tidak bolleh diarahkan untuk mendukung salah satu pasangan calon.

“Boleh saja masing-masing anggota Apdesi mempunyai pilihan, tapi cukup disalurkan pilihannya di bilik suara. Karena anggota Apdesi merupakan kepala desa, maka harus netral, melayani kepentingan semua calon, parpol dan masyarakat. Sebab jika tidak netral ada konselwensinya,” kata Dadang yang juga Kepala Desa Rahayu, Kecamatan Margaasih.

Sebagai kepala desa, kata H. Dadan dirinya melayani semua warganya. Ia pun memliki pilihan, dan setiap kepala desa pasti memiliki pilihan masing-masing. “Maka tolong saling hargai, karena sikap yang tidak netral yang dilakukan oleh kepala desa selain ada konsekwensi hukum bagi dirinya, juga bisa memicu konplik, di masyarakat,” terang H. Dadang.

H. Dadang berharap pada waktunya nanti, masyarakat berbondong-bondong menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani.*** Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI