Jumat, 17 Mei 2024
BerandaGerbangDesaBumDesaBumdes Sukatani Bidik Tanaman Jeruk Lemon Sebagai Pendongkrak PADes Masa Depan

Bumdes Sukatani Bidik Tanaman Jeruk Lemon Sebagai Pendongkrak PADes Masa Depan


Dejurnal.com, Kab. Sukabumi – Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sukatani mulai meningkatkan perannya sebagai lembaga usaha milik pemerintah desa untuk dapat meningkatkan penghasilan asli desa (PADes). Kali ini Bumdes Sukatani melakukan pemanfaatan lahan yang telah disewa dari PTPN VIII Parakan Salak seluas 3,5 Hektar dengan ditanami pohon jeruk lemon kualitas unggul.

Menurut Kepala Desa Sukatani U Suryana, SE, penanaman pohon jeruk lemon kualitas super yang sudah bersertifikat dan teruji di IPB serta penanamannya pun dilakukan secara intensif melalui tata cara yang ditunjukan IPB.

“Ke depannya, ini akan menjadikan sentral komoditi jeruk lemon terbaik di kecamatan ini, bahkan Insya Allah akan di sajikan wisata kebun dengan dan aktualisasi kultur pertanian sendiri di lahan ini,” ucap Kades U Suryana, SE.

Selain itu, lanjutnya, BUMDES Sukatani ini akan menjadi sentral ke beberapa kelompok unit yang tentunya unit unit tersebut ke depannya harus memilki legal aspek yang jelas dan atas petunjuk juga seleksi dari BUMDES sendiri.

“Harapan ini tentunya akan terjadi tidak akan lama lagi terealisasi dalam mengejar point point yang menjadikan Sukatani tertata ke depannya dan masyarakat dengan kondisi itu bisa merasakan kerja keras dari hasil yang kini sedang di jalankan,” ujarnya.

Ketika di tanya terkait adanya bangunan SPBU mini yang di sponsori langsung oleh Pertamina, Kades Sukatani menuturkan bahwa ini merupakan aset BUMDES juga yang segera akan launching apa bila dalam tahapan pengerjaannya sudah rampung.

“SPBU ini hanya menyediakan bahan bakar dari jenis pertamax saja mengikuti ke sesuai yang sudah di sepakati antara BUMDES dengan BUMN Pertamina,” katanya.

Jadi, lanjut U Suryana, pihaknya hanya melayani penjualan terhadap pengecer yang biasanya beli di SPBU besar kini sudah bisa di dapat di sini dengan harga sama sesuai SPBU dan ketentuan yang ada. Jadi ini merupakan informasi juga kepada masyarakat hal ini tidak akan menyebabkan pengganjalan atau pengambil alihan pengusaha eceran yang sudah lama ada.

“Justru dengan adanya ini semua pengecer yang jauh beli ke SPBU yang biasa kini sudah tersaji di lokasi terdekat, semua ini hasil dari pada kerja sama tim baik desa juga semua elemen yang tergabung di BUMDES itu sendiri,” pungkas Kades Sukatani.***Aldy/Budi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI