Selasa, 30 April 2024
BerandadeBisnisPenggiat Pertanian di Cipunagara Subang Hadirkan Varietas beras Lebih Unggul

Penggiat Pertanian di Cipunagara Subang Hadirkan Varietas beras Lebih Unggul

Dejurnal.com, Subang – Penggiat pertanian di Desa Sidamulya Kecamatan Cipunagara Kabupaten Subang menghadirkan pelatihan bagaimana cara meningkatkan kualitas beras lebih baik lagi.

Varietas beras yang di olah akan mampu menjadi unggulan dengan kemampuan mesin tester padi,akan menjadi Andalan para petani.

Praktisi Penggiat pertanian di bidang beras Muhamad Abdullah mengatakan, varietas itu dikembangkan dengan teknologi Intensifikasi beras Terkendali.

“Kehadiran varietas unggulan tersebut dimaksudkan untuk mendukung ketahanan pangan di daerah itu,” ujar Ungkap Muhamad Abdullah, Minggu (4/4/2021).

Nantinya varietas berbagai macam jenis beras itu akan menjadi beras berbasis organik yang merupakan produk unggulan dari Subang.

“Beras yang diproduksi ini diharapkan menjadi salah satu produk unggulan daerah sesuai dengan harapan Pak Urip,” Katanya.

Lanjut Muhamad Abdullah saya di bawa ke Subang ini berkat dorongan pak Urip untuk memajukan warga masyarakat Kecamatan Cipunagara Kabupaten Subang,guna mendukung produksi beras di lahan yang lebih luas lagi.

M. Abdullah mengatakan, beras berbasis organik akan menjadi unggulan para petani di Kabupaten Subang,jangan sampai terjadinya ada impor beras dari luar.

“Keunggulan beras ini diantaranya tidak memakai zat pemutih, pewarna dan pewangi, tidak dicampur dan hanya satu varietas benih. Selain itu petani diawasi dan didampingi mulai dari tanam hingga panen oleh tenaga ahli dibidang pertanian,” Imbuhnya.

Penerapan kualitas kontrol yang sangat ketat saat pascapanen gabah sampai menjadi beras, packing dan edar, serta disimpan dalam bentuk gabah bukan beras sehingga kualitas selalu baru.

Pihaknya juga berharap ada kelompok tani yang mau bermitra untuk menydiakan lahan dan tenaga kerjanya saja.

“Nanti akan kami bantu untuk penyediaan bibit unggul, pupuk, teknologi, serta pendamping secara gratis,” ujarnya.***Asep

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI