Selasa, 21 Mei 2024
BerandadeEdukasiBupati Dadang Supriatna : Tiga Tahun Kedepan, Rata-Rata Warga Kabupaten Bandung Ditargetkan...

Bupati Dadang Supriatna : Tiga Tahun Kedepan, Rata-Rata Warga Kabupaten Bandung Ditargetkan Tamat SMA

Dejurnal.com, Bandung – Bupati Bandung HM Dadang mentargetkan tiga tahun ke depan rata-rata masyarakat Kabupaten Bandung minimal tamat SMA. Hal ini disampaikan Dadang Supriatna saat menghadiri acara Wisuda dan Tafaruqon Siswa Yayasan Pondok Pesantren Darul Ma’arif, Desa Rahayu, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Sabtu (29/5/2021).

Dalam kesempatan itu Bupati menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Yayasan Pontren asuhan KH. Sofyan Yahya ini yang telah ikut mencerdaskan bangsa dan mendidik generasi penerus bangsa.

Yayasan Pontren Darulma’arif mewisuda 214 siswanya, terdiri dari 120 siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan 94 siswa Madrasah Aliyah (MA). Dalam acara tersebut juga disampaikan beberapa nama siswa yang berprestasi.

Dadang Supriatna meminta kepada pihak sekolah mengajukan siswa yang berprestasi untuk mendapatkan bea siswa. Karena pemerintah menyiapkan anggaran untuk beasiswa. “Kita siapkan anggaran bea siswa tapi dalam kontek “punten-punten” bagi yang ekonominya kurang mampu,” katanya usai acara.

Dadang Supriatna menambahkan, ia akan mendorong supaya bea siswa pun bisa didapat siswa yang minimal tahfidz Al-Quran 3 juz.

Dalam kesempatan itu, Dadang Supriatna berharap dan mendoakan siswa yang baru selesai dari MTs agar bisa melanjutkan ke MA, SMA atau ke jenjang yang lebih tinggi lagi, dan kepada siswa yang baru selesai MA agar bisa meneruskan ke perkuliahan.

Karena kewenangan MA/ SMA ada di Provinsi, kata Dadang Supriatna untuk bea siswa akan bekerja sama dengan perguruan tinggi. “Saya menyediakan bea siswa. Bagi yang bea siswa SMA atau MA, nantinya kita kerja sama dengan perguruan tinggi baik UNPAD maupun UIN di Bandung,” tuturnya.

Dengan adanya bea siswa, imbuh bupati berpengaruh terhadap peningatan rata-rata usia sekolah. Menurut buiati, saat ini eksisting rata-rata lama sekolah masyarakat Kabupaten Bandung baru 8,79 tahun atau rata-rata selesai SMP.

“Sementara kita punya target tiga tahun ke depan minimal usia rata-rata sekolah masyarakat Kabupaten Bandung 12 tahun atau SMA. Memang SMA kewenangan Provinsi, tapi kita doromg supaya bagaimana meningkatkan lama sekolah masyarakat Kabupaten Bandung ada di 12,9.tahun. Kita kejar agar bisa mengarah ke hal tersebut,” tandas bupati.*** Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI