Senin, 24 Juni 2024
BerandadeNewsHari Ini Puncak Acara Ormas Day 2021, Upaya Mengembalikan Marwah Ormas

Hari Ini Puncak Acara Ormas Day 2021, Upaya Mengembalikan Marwah Ormas

Dejurnal.com, Bandung – Puncak acara Ormas Day 2021 digelar hari ini, Selasa (16/11/2021) yang dihadiri unsur Forkopimda Provinsi Jawa Barat, Ormas Day sendiri digelar untuk menumbuhkan solidaritas dan kekompakan serta komunikasi antar organisasi masyarakat (Ormas), di Hotel Horison Bandung.

Kepala Kesbangpol Jawa Barat Iip Hidayat mengatakan, tujuan kegiatan Ormas Day 2021 adalah mengembalikan marwah ormas yang berfungsi sebagai kontrol sosial, membangun kembali stigma positif, dan mendorong ormas untuk terus menjadi mitra strategis pemerintah.

Itu semua dilakukan dalam rangka mendukung program pemerintah, sekaligus optimalisasi demokrasi dan pembangunan. Apalagi saat pandemi Covid-19, Ormas, menurut Iip, banyak berperan dalam membantu masyarakat.

“Ormas banyak berperan di masa pandemi Covid-19. Mereka ada yang menjadi relawan, mencarikan oksigen, memberikan bantuan sosial dan lain sebagainya,” tuturnya.

Menurut Iip, dari data hingga November 2021, jumlah ormas yang terdaftar di Kesbangpol Jabar ada sebanyak 1.355. Namun tidak semuanya aktif dan masih harus diverifikasi ulang.

“500 yang aktif, 500 yang perlu diverifikasi ulang, dan sisanya itu sudah tidak aktif lagi. Yang teregister di kami itu dianggap sebagai mitra karena peran ormas di Jabar menjadi penting dan strategis. Ormas turut berperan aktif dalam proses pembangunan, khususnya sumber daya manusia dan pengembangan serta pemberdayaan organisasi,” terangnya.***Ir Firmansyah

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI