Minggu, 16 Juni 2024
BerandadeHumanitiDari Paguron Sugriwa, Rizki Maulana Raih Juara 1 Anak Putra Tunggal Pasanggiri...

Dari Paguron Sugriwa, Rizki Maulana Raih Juara 1 Anak Putra Tunggal Pasanggiri Pencak Silat Tingkat KBB

Dejurnal. com, KBB – Rizki Maulana, yang lebih akrab dengan panggilan Ule, pada Pasanggiri Pencak Silat tingkat Kabupaten Bandung Barat yang digelar 16 Desember 2021 lalu, berhasil meraih juara 1 kategori Anak Putra Tunggal.

Dengan demikian, murid kelas 5 SDN Sinar Saluyu Saguling yang lahir di Bandung, 24 Januari 2011 ini akan mewakili Kabupaten Bandung Barat di Pasanggiri Pencak Silat tingkat Jawa Barat.

Prestasi yang diraih Rizki jadi kebanggaan paguron Sugriwa Putra Padjadjaran cabang Cipeundeuy Desa Jati Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat, tempat Rizki Ule maguron.

Prestasi yang diraih Rizki, menurut penasehat paguron Sugriwa Padjadjaran, tidak lepas dari dukungan kedua orang tua Rizki Rohanda Radiman dan Eti Yulianti, yang sangat mensuport anak bungsu dari dua beesaudar ini antif di seni Pencak Silat.

Prestasi Rizki sebelum bertandang di ajang pasanggiri tingkat Kabupaten Bandung Barat, ia menjuarai pasanggiri tingkat kecamatan Saguling. Jadi juara 1 tingkat Kabupaten dengan peserta dari trap kecanatan sebanyak 17 kecanatan.

Sekarang Rizki sedang mempersiapkan jadi wakil Kabupaten Bandung Barat ke Pasanggiri Penca Silat tingkat Propinsi Jawa Barat. Dikatakan oleh penasehat Paguron Sugriwa Putra Padjadjaran, Uus Rusnandar (Wa Eje Prabu Sugriwa) meski waktu pasanggiri tingkat Jawa Barat belum ditentukan tanggalnya, tapi menurutnyabl harus disiapkan dari sekarang.

Wa Eje Prabu Sugriwa berterimakasih kepada Pimpinan Paguron Sugriwa Putra Pajajaran, Abah Pelen dan pangasuh paguron, Abah Encep Gunawan, begitu juga pelatih Gempar Pajar Sidiq, dan pembina Kang Farrd yang selalu mendorong kegiatan Penca Silat.

Bagi Rizki, walau masih anak-anak tapi sudah punya pemikiran aktifnya dalam Pencak Silat itu , slain ingin menjadi kebanggaan kedua orang tua dan pengurus paguron Sugriwa Putra Padjadjaran dan kampung halamannya Cipeundeuy, Desa Jati, Kecamatan Saguling,Kabupaten Bandung Barat, juga niatnya ingin ikut melestatikan seni budaya Sunda.

Pemgakuan Uus, Sugriwa Putra Padjadjaran Cipeundeuy Desa Jati Kecamatan Saguling itu cabang. Asalnya dari Paguron Sugriwa Desa Margahayu Selatan, Kecamatan Margahayu. Arti Sugriwa itu, kata Uus, yakni; Seja Usik Gerak Raga Ihtiar Wangsit Agama.

Sugriwa yang asalnya dari Margahayu Selatan itu berkembang didirikan di tempat lainnya, di antaranya Sugriwa Putra Padjadjarab Saguling tempat Rizki berlatih, Sugriwa Putra Batujajar, Buana Putra Sugriwa Galanggang, Pandawa Putra Sugriwa Cianjur, Gelar Putra Sugriwa Soreang Dukuh, Sinar Putra Sugriwa Subang,
Malahan di Margahayu juga ada beberapa paguron Sugriwa, di antaranya Simpay Putra Sugriwa Sadang Margahayu Tengah.***Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI