Rabu, 1 Mei 2024
BerandadeNewsRegionalCegah TPPO, BP2MI Melakukan Sosialisasi kepada Masyarakat

Cegah TPPO, BP2MI Melakukan Sosialisasi kepada Masyarakat

Dejurnal.com, Bandung – Ketua Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani berpeasn, agar masyarakat bisa membentengi diri, jangan tergiur oleh calo, atau kaki tangan sindikat yang menawarkan pekerjaan, memberangkatkan dengan cepat, menjanjikan gaji tinggi padahal ilegal.

Hal itu disampaikan Benny usai sosialisasi
Pencahahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) Terhadap Pekerja Migran Indonesia di Desa Sukapura, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Sabtu 21 Oktober 2023.

Karenanya, lanjut Benny nasyarajat harus diberi tahu. “Kita harus turun. Alhamdulillah kali ini di Desa Sukapura. Kita tahu persis masyarakat butuh informasi agar masyarakat bisa membentengi diri .
Kita jangan mau masyarakat diperjualbelikan, ” katanya.

Benny tidak mau masyarakat jadi korban pihak yang mencari keuntungan dari bisnis kotor. Sehingga dirinya turun ke desa, bersamdesa dengan kekuatan masyarakat dan anak mudanya, membentèngi masyarakat dengan pengetahuan bahwa bekerja ke luar negeri itu terbuka, bahkan dipasilitasi oleh negara.

“Mau jadi apa, tinggal dipilih. Mau kursus bahasa apa disiapkan. Mau pelatihan
untuk pekerjaan apa dibantu oleh pemerintah, ” terang Benny.

Menurut Benny ini penting. Ksrena menurutnya tidak mungkin lapangan kerja di dalam negeri ibisa menampung semua angkatan kerja. “Apa lagi angka pengangguran masih di 8,2 juta. Angkatan kerja kita di angka 14 juta. itu artinya kebutuhan lapangan kerja kita sangat tinggi, ” ujarnya.

Karena kebutuhan lapangan kerja sangat tinggi, ujar Benny, peluang kerja ke luar negeri harus ditangkap. “Nah, ini butuh inovasi, inisiasi dari masyarakat desa itu sendiri. Ini tentu dengan langkah awal kita turun ke bawah, ” katanya.

Untuk bekerja ke luar negeri menurut Benny, tidak terlalu memerlukan tinggi pendidikan. “SMA atau lulus SMK bisa keeja ke luar negeri karena tentu tidak satu sektor yang ada, banyak sektot jabatan yang bisa direbut; misalnya Hoisfitaliti, manufaktur,, juga untuk perawat, fisibdood , sektor perikanan, pertanian terbuka di negara-negara yang melakukan perjanjin bilateral demgan mereika, ” kata Benny.

Benny mencontihkan negara tujuan untuk bejerja, Korea misalnya, menurutnya sekarang menambah sektor pekerjaan tidsk hanya untuk pabrik, tetapi juga untuk sektor perikanan, dan tukang las dab sebagianya. ” Seperti misalnya di perusahaan Samsung. Taiwan juha sekarang membukq sektor untiuk pertanian. ini yang harus ditangkap masyarajkat kita, untuk anak-anak muda alngkatan keja tahun 2023,” pungkas Benny. *** Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI