Rabu, 1 Mei 2024
BerandadeNewsRegionalKemensos Melalui Sentra Wiyata Guna Bandung Terus Berupaya Bantu Warga Yang Alami...

Kemensos Melalui Sentra Wiyata Guna Bandung Terus Berupaya Bantu Warga Yang Alami Masalah Sosial

Dejurnal.com, Bandung – Kepala Sentra Wyata Guna Bandung Iri Sapria, M.Si mengatakan, pihaknya berupaya menyukseskan program Kementerian Sosial RI melalui Sentra Wiyata Guna Bandung di tahun 2023.

Bebagai program telah dijalankan dan berbagai bantuan telah disalurkan kepada penerima manfaat di berbagai daerah untuk
memenuhi kebutuhan warga yang mengalami masalah sosial

Iri Sapria menyebutkan, di Kemeteran Sosial ada sekitar 31 Sentra yang memiliki fungsi ayanan yang berbeda-beda. Setiap sentra melakukan pelayanan di dalam sentra atau luar sentra. “Targetnya setiap Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial terlayani. Mereka terdiri dari anak-anak, disabilitas, lansia, kelompok rentan, fakir miskin, korban bencana, atau korban NAPZA / narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya ,” kata Iri Sapria di ruang kerjanya, Gedung Sentra Wiyata Guna Bandung Jl Pajajaran 50-52 Kota Bandung (13/11/2023).

Iri Sapria menambahkan, Sentra Wiyata Guna Bandung melayani wilayah kerja 9 kabupaten / kota, yakni: Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat di Jawa Barat
Kemudian yang baru dilayani Kabupaten Lampung Timur, Lampung Tengah, dan Lampung Utara, Waykaman, Masuji, dan Tulangbawang di Provinsi Lampung .

Program Kementerian Sosial melalui Sentra Wiyata Guna Bandung untuk wirausaha pelenyandang masalah sosial, mendapat keterampilan melalui pokja rumah bugar.

” Di sini ada café more, usaha warungan, bengkel motor, bertani, cocok tanam, & hidro ponik. Targetnya mereka menjadi memiliki keterampilan dan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, ” kata Iri.

Sentra Wiyata Guna juga sudah menyalurkan baantuan dari Sistem layanan berbasis respon kasus dari masyarakat, di tahun 2023, di sekitar 600 alat bantu yang dibagikan berdasarkan rekomendasi  dokter yang khusus mengecek calon penerima bantuann. Ada juga terapis dan fisioterapi yang ditugaskan melayani masyarakat.

Iri mengaku tidak ada target dalam memneri bantuan, tetapi pihaknya terus berupaya menyalurkan bantuan. Untuk bantuan sembako di tahun ini diperkirakan sudah mencapai 7200 penerima manfaat.

Dalam program sosialnya, pihak Kementrian Sosial bersama dengan mitra kerja komisi VIII DPR RI . ” Melui acara reses, atau kunjungan kerja biasanya anggita DPR bekerja sama dengan kami menyalurkan bantuan. Yang sudah dilakukan kalau di Kabupaten Bandung Barat yaitu dengan anggota DPR RI Pak Ace Hasan Syadzily, ” kata Iri.

Seperti, sebut Iri Sapria membantu korban bencana kebakaran TPA Sari Mukti, kepada 400 orang yang terdampak. “Saat utu kami bantu pendirian tenda-tenda di lokasi.

Mengenai l bantuan Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA), menurut Iri, Sentra Wyata Guna hanya mendampingi penyaluran. ” Walah bisa saja merekomendasikan ke Kementrian Sosial bagi yang memenuhi syarat, ” pungkasnya. *** Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI