Minggu, 5 Mei 2024
BerandadeEdukasiPara Pelajar Jadi Sasaran Pendidikan Politik Badan Kesbangpol Kabupaten Bandung

Para Pelajar Jadi Sasaran Pendidikan Politik Badan Kesbangpol Kabupaten Bandung

Dejurnal.com, Bandung – Sebanyak 250 siswa SMA/ SMK mengikuti pendidika politik yang dgelar Badan Kesbangpol Kabupaten dii Hotel Grand Sunshine Resort and Convention Soreang. Selasa 14 November 2023.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Cakra Amiyana mewakili Bupati Bandung Dadang Supriatna dan Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Bandung Bambang Sukmawijaya memberi edukasi pada pendidikan pilitik tersebut.

Dalam acara itu juga dihadirkan nars sumber
Praktisi Yayasan Prabu (Parasanda Bumi Pertiwi), Termana yang menyampaikan materi tentang bahaya penyebaran Ideologi Menyimpang dalam Pelaksanaan Demokrasi di Indonesia.

Narasumber lainnya Dr. Mas Halimah dari Akademisi UNPAD yang membahas tentang “Peran Kaum Muda Dalam Pelaksanaan Demokrasi di Indonesia”.

Selain itu hadir dari Komisioner KPU
KPU Kabupaten Bandung menyampaikan materi tentang Pelaksanaan Demokrasi dan Pemilihan Umum di Indonesia. Sedangkan dari Bawaslu Kabupaten Bandung membahas tentang peran kaum muda dalam pengawasan Pemilihan Umum.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Cakra Amiyana mewakili Bupati Bandung Dadang Supriatna dan Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Bandung Bambang Sukmawijaya memberi edukasi pada pendidikan pilitik tersebut.

Cakra Amiyana mengungkapkan bahwa pendidikan politik bagi pelajar tingkat Kabupaten Bandung ini bertujuan untuk membentuk rakyat menjadi melek politik.
Ia mengungkapkan pendidikan politik merupakan metode yang cukup efektif untuk mencegah potensi konflik sosial dalam kegiatan politik.

“Dimana kondisi masyarakat Indonesia yang heterogen sangat rentan menimbulkan terjadinya pengkotakan dalam masyarakat yang berakibat terhadap timbulnya situasi politik yang tidak kondusif yang akhirnya dapat menjadi pemilu munculnya konflik sosial,” tutur Cakra.

Menurutnya, Pemkab Bandung melalui Badan Kesbangpol Kabupaten Bandung mempunyai tugas dan fungsin di antaranya memfasilitasi kegiatan pendidikan politik bagi generasi muda.

“Oleh karena itu, melalui penyelenggaraan pendidikan politik bagi generasi muda ini diharapkan para generasi muda atau gen z dan kaum milenial memiliki kecerdasan politik dengan nilai budaya dan etika politik yang memadai. Sehingga tidak lagi menjadi obyek dalam pemilu, tetapi menjadi subyek yang kritis dalam menentukan pilihan politiknya,” katanya.

Cakra berharap melalui kegiatan pendidikan politik itu dapat menambah wawasan, daya analisa dan penelaahan terhadap fenomena kehidupan politik yang demokratis sebagai proses peningkatan peran serta masyarakat.*** Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI