Sabtu, 18 Mei 2024
BerandadeEdukasiRibuan Siswa SMKN 1 Garut Gelar Doa Bersama Untuk Palestina

Ribuan Siswa SMKN 1 Garut Gelar Doa Bersama Untuk Palestina

Dejurnal.com, Garut – Ada yang berbeda di SMKN 1 Garut yang bertepatan dengan Hari Pahlawan, dari mulai civitas sekolah, siswa – siswi dan tamu undangan yang memakai atribut bernuansa Palestina, Jumat (10/11 2023).

Sekitar 2700 Siswa-Siswi SMKN 1 Garut menggelar doa dan istigasah bersama untuk rakyat Palestina di lapangan SMKN 1 Garut, doa dipanjatkan untuk mengetuk langit agar Palestina segera mendapat kemerdekaan dan dijauhkan dari penjajahan serta penyiksaan dari Israel.

“Hari ini Hari Pahlawan, kami ingin menumpahkan empati kami kepada rakyat Palestina dengan cara mengirimkan doa agar Allah SWT berkenan memberikan pertolongan kepada rakyat Palestina yang sekarang untuk ukuran manusia mereka dalam kondisi selemah-lemahnya,” ujar Kepala SMKN 1 Garut. H. Bejo Siswoyo, S. Tp. M. pd.

Menurutnya, sebagai Warga Negara Republik Indonesia dan pada Pembukaan Undang – Undang Dasar 1945 bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan. “Kami terketuk hati untuk sama – sama berdoa untuk Rakyat Palestina, Hari ini diperlakukan tidak adil, rumah Ibadah dihancurkan, anak kecil dibunuh, orang tua dibunuh, rumah sakit pun tak luput dari serangan Zionis Israel, ini sangat kejam Ini tindakan yang sudah melebihi batas, jadi kita sebagai warga SMKN 1 Garut terpanggil untuk mendoakan supaya Palestina cepat merdeka dan Israel segera berhenti untuk tidak menyerang lagi secara membagi buta,” katanya.

Mengutip riwayat Nabi Sulaiman yang seekor semut ingin memadamkan api “Aku Tahu Setetes Air Yang ku bawa tidak Akan Bisa Memadamkan Api Besar Namrud tetapi Dengan ini aku bisa memastikan Di pihak nanakah aku berada ( Pihak Allah).

“Mungkin Apa Yang di lakukan kami warga SMKN 1 Garut tidak akan Bisa menghentikan Peperangan di Palestina tapi setidaknya SMKN 1 Garut ada untuk Palestina, kami juga mengajak kepada sekolah – sekolah yang lainya untuk bersama mendoakan Palestina,” ujarnya.

Selain Doa Dan Istighosah kegiatan ini juga diisi dengan donasi untuk Palestina dimana para karyawan dan guru serta Siswa dan siswi menyisihkan sedikit rejekinya untuk Palestina.

Kegiatan donasi ini di kelola Oleh OSIS SMKN 1 Garut dan diisi dengan ceramah dari Ust. Uus Suhendrik. LC, M. Pd.

Pada kegiatan ini sangat menggetarkan hati yang membuat Ghiroh peserta yang hadir merasakan kepiluan dan kesedihan yang dirasakan rakyat Palestina. Wajar jika ceramah Ustadz Uus sangat menggetarkan hati karena Ustad Uus sendiri kulusan Timur Tengah.

Di tempat sama, Wakasek Kesiswaan SMKN 1 Garut, Nurdin. S. T. M. pd. menjelaskan jegiatan ini di gelar untuk memberikan pelajaran kepada anak – anak untuk berempati, menghadirkan pengalaman bagi dirinya dan pengalaman tersebut yakin dapat mempengaruhi para siswa dalam berpikir, bersikap lebih baik.

“Lambat laun diharapkan muncul sikap empati, percaya diri, sabar, santun, jujur, displin. Banyak manfaat dari sikap empati diantaranya, disukai oleh orang-orang di sekitar kita, menjauhkan dari sikap egois, menumbuhkan rasa cinta pada sesama, membuat diri kita lebih bersyukur, karena rasa empati sama halnya dengan kemampuan untuk mau merefleksikan keadaan yang dialami orang lain pada diri sendiri dan terakhir, sikap empati merupakan bentuk nyata dari ibadah hablum minannas,” pungkasnya. ***FATIH

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI