Sabtu, 18 Mei 2024
BerandadeEdukasiSeni Budaya, Bahasa Sunda dan Prakarya : Tiga Muatan Lokal Ini Bisa...

Seni Budaya, Bahasa Sunda dan Prakarya : Tiga Muatan Lokal Ini Bisa Tingkatkan Kreatifitas Siswa

Dejurnal. com, Bandung – SMPN 1 Ibun Kabupaten Bandung sejak 2009 sampai sekarang menjalanjan pendidikan tiga muatan lokal, yakni seni budaya, bahasa Sunda, dan prakarya.

Hal itu seiring dengan kebijakan Bupati Bandung Dr. HM. Dadang Supriatna yang mengedepankan tiga muatan lokal di sekolah-sekolah atau lembaga pendidikan di Kabupaten Bandung.

Program tiga muatan lokal  untuk para siswa TK, SD dan SMP di Kabupaten Bandung tersebut, yakni Pendidikan Pancasila dan UUD 1945, Pendidikan dan Budaya Sunda serta Belajar Mengaji dan Menghafal Al-Quran.

Di lingkungan SMPN 1 Ibun sudah lebih awal melaksanakan program pembelajaran tiga muatan lokal yang berkaitan dengan kreatifitas para siswa saat melaksanakan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Guru Seni Budaya SMPN 1 Ibun Berti Adrian Novani mengatakan, dengan adanya penerapan program pendidikan tiga muatan lokal di sekolah itu, banyak manfaatnya bagi para siswa karena dapat meningkatkan kreatifitas para siswa dalam mengembangkan wawasannya.

“Para siswa bisa lebih kreatif dalam mengembangkan pola pikir maupun wawasannya,” kata Berti , Senin (13/11/2023).

Berti berharap dengan adanya penerapan pendidikan muatan lokal itu, bisa menumbuhkan jiwa enterpreneur bagi para siswa. “Intinya bisa menumbuhkan jiwa wirausaha atau pengusaha, disaat para siswa memahami bagaimana menjadi pengusaha yang sukses ketika sudah menguasai pendidikan muatan lokal itu,” katanya.

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan tiga muatan lokal itu, kata Berti lebih baik lagi ada dukungan prasarana dan sarana dari Pemkab Bandung melalui Dinas Pendidikan untuk peningkatan kualitas pendidikan muatan lokal tersebut.

“Karena pihak sekolah dilarang untuk memungut biaya untuk kegiatan muatan lokal itu, para siswa disaat membutuhkan peralatan bisa dengan cara beli sendiri,” katanya.

Berti juga mengungkapkan bahwa di antara para siswa SMPN 1 Ibun itu, dengan adanya pendidikan muatan lokal bahasa Sunda diikutsertakan pada lomba aksara Sunda di tingkat Kabupaten Bandung.

“Alhamdulillah, siswa SMPN 1 Ibun bisa menjadi juara satu dan saat ini diikutsertakan pada lomba aksara Sunda tingkat Provinsi Jawa Barat mewakili Kabupaten Bandung,” katanya. *** Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI