Sabtu, 18 Mei 2024
BerandadeNewsBupati Bandung Targetkan Pembangunan Danau Buatan Bojongsoang Mulai Tahun Ini

Bupati Bandung Targetkan Pembangunan Danau Buatan Bojongsoang Mulai Tahun Ini

Dejurnal.com, Bandung – Meninggikan jembatan Sungai Cikeruh di Jalan Sapan Desa Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung, adalah solusi menangani banjir di kawasan tersebut. Solusi lainnya adalah membangun danau buatan atau embung-embung, dan normalisasi di kawasan tersebut.

Hal ini dikatakan Bupati Bandung, Dadang Supriatana saat meresmikan Jembatan Cikeruh di Jalan Sapan, Desa Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang, Sabtu (30/3/2024).

Karena itu Bupati Bandung bertekad akan mulai membangun embung-embung atau danau buatan di Bojongsoang. Rencananya setelah Lebaran Idulfitri 1445 Hijriah.

Menurutnya, lahan untuk embung-embung sudah ada hibah dari para pengusaha. Bupati menyatakan pembangunan embung – embung di wilayah timur Kabupaten Bandung, akan dilaksanakan secara bertahap.

“Karena menunggu APBD lama, sehingga pembangunan embung-embung itu rencananya melalui pentahelix dengan menggunakan anggaran Corporate Social Responsibility (CSR),” kata Dadang Supriatna.

Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum juga dimintai bantuan oleh Bupati Bandung, terkait dengan program teknisnya.

Menurut Dadang Supriatna, hal ini untuk menghindaari kesalahan, mengingat danau itu dibuat multi fungsi. Selain untuk sarana pengolahan air minum, tempat wisata, juga untuk tempat penampungan air.

Minimal, sebut Dadang Supriatna ada enam danau buatan di Kabupaten Bandung. Untuk mempercepat pembangunan embung-embung, pihaknya sudah mengusulkan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI untuk mendapatkan respon.

“Kawasan Tegalluar akan menjadi kawasan perkotaan yang tak bisa dihindari, sehingga harus ada peningkatan dan perbaikan infrastruktur, salah satunya dengan pembangunan danau buatan,” tandas Dadang Supriatna.

Bupati Bandung mengatakan, infrastruktur untuk solusi banjir, di Kabupaten Bandung telah terbangun sebumnya Danau Cieunteung, Danau Retensi Sinaraga Andir, dan Terowongan Air Citarum di Nanjung Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung.

Danau buatan ini juga berfungsi untuk pengisian air bawah tanah, bisa juga untuk energi listrik dengan menggunakan panel surya, dan untuk destinasi wisata.

Selain di Bojongsoang, titik lokasi danau lainnya rencananya akan dibuat di Desa Rancaekek Wetan, Desa Rancaekek Kulon, Desa Tegal Sumedang dan Desa Sukamanah Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. *** Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI