Selasa, 23 April 2024
BerandadeEdukasiDKM Masjid Al-Haq Margahayu Libatkan Remaja Mesjid Untuk Ceramah Sebelum Tarawih

DKM Masjid Al-Haq Margahayu Libatkan Remaja Mesjid Untuk Ceramah Sebelum Tarawih

Dejurnal.com, Bandung – DKM Masjid Al-Haq Desa Margahyu Selatan Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung, rutin melibatkan remaja mesjid mengisi ceramah sebelum solat tarawih. Jadwalnnya diselang dengan ustad senior atau ustad dari luar Margahayu.

Remaja masjid ini hasil gemblengan tiap sesudah Magrib diluar bulan Ramadhan, dan untuk di bulan ramadhan waktunya sebelum magrib (bada Asyar).

Di malam ke 21 Ramadhan, tepat di tanggal 31 Maret 2024, salah satu remaja masjid, Nabil Jasir Hibatilloh mendapat jadwal untuk ceramah.

Nabil menyampaikan mengenai dua tingkatan orang yang puasa. Tingkatan pertama yaitu yang berpuasa menjauhi yang dilarang Alloh, makan, minum, dan hal lainnya yang dilarang ketika puasa. Tingkatan pertama ini bakal mendapat karunia dan pahala yang besar.

Sebagaimana hadits riwayat Ahmad: “Jika engkau menjaga diri sesuatu karena Alloh, maka tentu Alloh akan memberimu yang lebih baik darinya”.

Sedangkan tingkatan kedua, Nabil menjelaskan yaitu puasa menahan diri dari berbagai hal yang oleh Alloh diharamkan baik di bulan Ramadhan maupun diluar Ramadhan.

Nabil melanjutkan, taat selamanya, konsisten dalam menjalankan perintah Alloh dan menjauhi apa-apa yang dilarang-Nya, meninggalkan kanikmatan dunia terus mengharapkan balasan di akhirat nanti.

“Jadi di antara dua tingkatan ini yang paling tinggi itu tingkatan kedua, yaitu taat kepada Alloh selamanya, tidak sekedar dibulan Ramadhan, ” kata Nabil, lalu tutup dengan kalimat ceramahnya. ***Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI