Sabtu, 4 Mei 2024
BerandadePrajaRSUD Otista Hadirkan Layanan Baru Kesehatan Masyarakat, Dadang Supriatan: Tak Perlu ke...

RSUD Otista Hadirkan Layanan Baru Kesehatan Masyarakat, Dadang Supriatan: Tak Perlu ke RS Hasan Sadikin atau Jakarta

Dejurnal.com, Bandung – Bupati Bandung Dadang Supriatna meresmikan layanan baru dan Ground Breaking Gedung Unit Transfusi Darah Rumah Sakit (UTDRS) serta Seminar Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Oto Iskandar Dinata, Soreang, Selasa (23/4/2024).

Bupati Bandung Dadang Supriatna didampingi Direktur RSUD Oto Iskandar Dinata dr. Yani Sumpena dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Bandung lainnya.

Dadang Supriatna menyebut, tahun kemarin pihaknya sudah membelikan mesin cathlab. ” Ini salah satu upaya untuk bisa melayani masyarakat yang notabene alat kesehatan ini terbatas. Baik itu untuk pelayanan penanganan penyakit jantung dan pembuluh darah serta lain sebagainya,” tutur Bupati Bandung.

Mesin cathlab ini, menurut Dadang Supriatna, bisa dikembangkan untuk DSA (Digital Substraction Angiography). DSA ini adalah prosedur kedokteran untuk melihat struktur pembuluh darah di otak, khususnya pada bagian kepala dan leher. Pemeriksaan invasive menggunakan mesin cathlab.

“Hanya ada enam orang dokter spesialis jantung anak di Jawa Barat yang bisa menggunakan cathlab ini dalam pengobatannya,” kata Dadang.

Dengan ketersediaan alat kesehatan ini, kata Dadang Supriatna bisa mengurangi angka pasien yang mempunyai penyakit jantung bawaan pada anak. Sehingga, bisa ditangani di RSUD Otista Kabupaten Bandung.

Dadang Supriatna mengatakan, kini RSUD Otista sudah bekerja sama dengan pengadaan khusus untuk transfusi darah dengan mulai dilaksanakan ground breaking unit layanan untuk transfusi darah.

Sebelumnya beberapa tahun kemarin, ujar Dadang Supriatna setiap membutuhkan darah, pasti ke PMI (Palang Merah Indonesia). Ia berharap dengan unit pengolahan transfusi darah yang ada di RSUD Otista diharapkan bisa memenuhi kekurangan darah di Kabupaten Bandung.

Dadang Supriatna juga menyampaikan di lingkungan RSUD Otista juga menghadirkan klinik eksekutif. “Sengaja dihadirkan karena gaya hidup masyarakat dan kebutuhan kesehatan sangat penting. Maka ada beberapa lokasi untuk para pasien eksekutif di RSUD Otista ini,” katanya.

Bupati berharap dengan adanya beberapa tambahan pelayanan baru di RSUD Otista ini bisa lebih memberikan pelayanan terbaik kesehatan kepada masyarakat di Kabupaten Bandung.

“Di RSUD Otista juga ada pelayanan penanganan kanker. Tidak perlu ke Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung atau ke Jakarta. Alhamdulillah di Kabupaten Bandung juga sudah ada fasilitas kesehatan untuk membantu para pasien yang mengidap penyakit kanker,” kata Bupati Bedas ini. ***Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI