Selasa, 23 Juli 2024
BerandadeNewsDPMD Gelar Deklarasi Indeks Desa Membangun Kabupaten Ciamis 2024

DPMD Gelar Deklarasi Indeks Desa Membangun Kabupaten Ciamis 2024

Ciamis – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ciamis mengadakan acara Deklarasi Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2024 yang bertempat di Islamic Center Ciamis pada hari Rabu, 26 Juni 2024.

Dalam acara tersebut, Penjabat Bupati Ciamis, H. Engkus Sutisna, menjelaskan bahwa IDM adalah salah satu strategi penting dalam pembangunan desa yang berbasis data. “IDM mewujudkan sistem kemajuan dan kemandirian desa dengan indikator yang terukur sesuai dengan Permendes PDTT nomor 2 tahun 2016,” tutur Engkus dalam pemaparannya.

Engkus menambahkan, IDM adalah indeks komposit yang terdiri dari tiga komponen utama: Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi, dan Indeks Ketahanan Ekologi atau Lingkungan (IKL). Menurutnya, IDM memberikan ruang bagi pemerintah untuk melakukan intervensi yang tepat dalam proses pembangunan desa.

“Upaya ini dilakukan dengan melibatkan partisipasi masyarakat, sesuai dengan karakteristik wilayah desa, mulai dari modal lingkungan, modal sosial, hingga modal ekonomi,” ujarnya.

Engkus juga menekankan pentingnya pemberdayaan masyarakat desa sebagai landasan utama menuju partisipasi yang berkualitas. Peningkatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat, lanjutnya, sangat penting untuk mendukung semangat Undang-Undang Desa yang menempatkan desa sebagai subjek pembangunan.

“Dengan menjadi subjek pembangunan, desa akan menjadi entitas yang berpotensi mendekatkan negara dalam membangun kesejahteraan dan kedaulatan,” jelasnya.

Engkus juga menginformasikan bahwa pembangunan desa di Ciamis telah melakukan pemutakhiran data IDM 2024. “Saya berharap pemutakhiran data IDM 2024 ini dapat menjadi landasan penyusunan Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDS) tahun 2025 dan APBDS 2025, serta menjadi input untuk rencana pembangunan daerah dalam Musrembang yang dituangkan dalam dokumen RPJMD Kabupaten Ciamis,” paparnya.

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI