Rabu, 19 Juni 2024
BerandadeNewsMenteri ATR/BPN, AHY: Miliki Sertipikat Masyarakat Terhindar dari Penyerobotan Lahan oleh Mafia...

Menteri ATR/BPN, AHY: Miliki Sertipikat Masyarakat Terhindar dari Penyerobotan Lahan oleh Mafia Tanah

Dejurnal.com, Bandung – Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan, pemerintah akan terus gencar melakukan program sertifikasi Pendaftaran Tanah Sistemaris Lengkap (PTSL) di seluruh Indonesia agar seluruh masyarakat mempunyai sertipikat yang jelas, tidak tumpang tiindih dengan masyarakat lain maupun dengan perusahaan, atau aset pemerintah.

Hal tersebut disampaikan AHY saat menyerahkan 25 sertipikat PTS kepada warga secara door to door di Desa Kopo Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung, Minggu (9/6/2024).

Desa Kolo sendiri mengusulkan 2000 PTSL tahun 2024 ini, dan yang sudah terealisasi sebanyak 840 termasuk yang diserahkan AHY kepada warga di beberapa RT.

Menurut AHY, dengan mempunyai kepastian hukum terhadap kepemilikan tanah masyarakat termasuk di Jawa Barat, dan Kabupaten Bandung akan terhindar dari penyerobtan lahan oleh mapia tanah.

“Selain itu, dengan sertipikat masyarakat memiliki nilai ekonomi, karena sertipikan bisa digunakan untuk modal usah, membuka warung atau mengembangkan UMKM,” kata AHY di seusai menyerahkan sertipikat PTSL kepada warga.

AHY menghimbau atas nama Kementeriam ATR/BPN, agar seluruh warga mendaftarakan mengurus sertipikat tanahnya.

“Segera daftarkan ke KTR/BPN di tingkat kabupaten/ kota. Intinya kita akan bantu dan layani sebaik mubgkin. Karena kuta juga sudah melakukan sistem digital.
Jadi ke depan ini bukan yang sifatnya fisisk , satu lembar saja i aman, terdata dengan baik data bash kita sehingga tidak mudah dipalsukan, menghindari dipublikasi oleh mapia tanah yang kemudian dijual belikan oleh mafia tanah. Yang berhak malah kehilangan, dan panjang prosesnya,” terang AHY. .

AHY mengaku.dirimya baru menyelesaiaknan seratus hari kerja, namun terjadi penambahan 2,4 juta bidang tanah yang disertifikatkan. “Mudah-muadahan tahun ini bisa tercapai target 120 juta bidang tanah di seleuruh Indonesia: didaftarkan seiiring dengan itu disertipiakatkan. dan diisalurkan kepada masyarajat luas,” katanaya.

Kunjungan AHY ke Kabupaten Bandung didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN,  Suyus Windayana, Kepala ATR/BPN Provinsi Wilayah Jawa Barat , Yuniar Hikmat Ginanjar; Kepala ATR/BPN Kabupaten Bandung, Rahmat, Anggota DPR RI Dede Yusuf Macan Effendi dan sejumlah unsur lainnya. * Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI