Sabtu, 6 Juli 2024
BerandadeNewsMembantu Kinerja Pemerintah, Bupati Bandung Ingin KIM Terbentuk di 31 Kecamatan

Membantu Kinerja Pemerintah, Bupati Bandung Ingin KIM Terbentuk di 31 Kecamatan

Dejurnal.com, Bandung – Bupati Bandung Dadang Supriatna di tahun 2024 ini menginginkan terbentuknya Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di 31 kecamatan.

Keinginan Bupati Bandung ini diungkapkan Kepala Diskominfo Kabupaten Bandung, Yosep Nugraha dalam kegiatan sosialisasi KIM yang diikuti 31 Sekretaris Kecamatan (Sekcam), dan Pengurus Forum KIM Kabupaten Bandung di Aula Diskominfo Gedung KORPRI Kabupaten Bandung, di Soreang, Selasa (2/7/2024).

Berdasarkan data, sebut Yosep dari 270 desa dan 10 kelurahan, di Kabupaten Bandung baru tercatat 110 KIM yang sudah ada di desa-desa dan 3 di kelurahan.

Oleh karena itu, terang Yosep pihaknya memberikan waktu kepada pihak kecamatan yang belum ada perwakilan KIM agar segera mendelegasikan dan membentuk pengurus KIM tingkat kabupaten, satu atau dua orang perwakilan.

“Kami beri waktu kepada pihak kecamatan seminggu dari sekarang, lebih cepat lebih baik karena sebelum Agustus 2024 harus sudah selesai. Nanti akan diresmikan langsung oleh Bupati Bandung untuk Forum KIM Kabupaten Bandung, setelah itu kita akan gerilya ke desa-desa,” kata Kadiskominfo.

Menurut Yosep, KIM ini dibentuk dari oleh dan untuk masyarakat. “Kita harus bangga dengan KIM yang sangat membantu peran serta kinerja pemerintah dalam pengelolaan informasi. Kalau di desa bisa jadi humasnya desa. Lantaran, berkat keaktifan KIM di masyarakat, selain sumber daya manusia diberdayakan, disamping sumber daya alam banyak dan sumber potensi lain yang bisa digali. Mulai dari sektor pertanian, pariwisata, perkebunan hingga sektor industri,“ tuturnya.

Hal senada disampaikan Pembina KIM Adhie Nur Indra. Menurutnya, pelaksanaan diskusi ini bisa mendorong KIM lebih maju, diantaranya KIM Cerdas Tarumajaya, KIM Lengkong Bagja, KIM Sehati.

“Mereka, mampu mandiri, berdiri diatas kaki sendiri. Artinya tanpa anggaran dari pemerintah mereka berhasil dan sukses bisa memberdayakan masyarakat, membantu masyarakat yang informatif,” ujar Adhie.

Dikatannya, KIM yang maju dan mandiri itu, sebaiknya ditiru dan dijadikan contoh, karena Kabupaten Bandung ini kaya akan berbagai sumber potensi.

“Untuk daerahnya yang belum terbentuk KIM bisa study banding ke KIM yang sudah berjalan atau mandiri tadi,” kata Adhie.

Sementara itu, Ketua Forum KIM Kabupaten Bandung Atep Kusman berharap setelah ada PERBUP, KIM segera terbentuk di 270 desa dan 10 kelurahan.

“Kami berharap pihak kecamatan segera mengambil langkah serius, supaya segera mengkoordinasikan dengan pihak desa, juga kelurahan untuk pembentukan KIM di wilayahnya. Dalam waktu dekat Bupati Bandung juga akan segera mengeluarkan Peraturan Bupati (PERBUP) yang mengatur tentang KIM,” katanya.***Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI