Selasa, 22 Oktober 2024
BerandadeNewsSekretariat DPRD : 50 Anggota DPRD Kabupaten Garut 15-22 Oktober 2024...

Sekretariat DPRD : 50 Anggota DPRD Kabupaten Garut 15-22 Oktober 2024 Laksanakan Reses

GARUT INTAN NEWS – Anggota DPRD Kabupaten Garut saat ini sedang melaksanakan kegiatan Reses Masa Sidang I Tahun 2024 Periode 2024 – 2029 dari tanggal 15 – 22 Oktober 2024, dan hal tersebut nampak terlihat dari pengumuman yang ditempel dipintu masuk, loby utama dan bagian umum gedung DPRD Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat.

Dimana DPRD Kabupaten Garut Periode 2024 – 2029 terdiri dari 50 Anggota dan Pimpinan DPRD melakukan Reses, bagi sebagian DPRD yang baru tentu ini akan menjadi pengalaman tersendiri didalam menjalankan tugas dan kewajiban selaku Anggota DPRD Kabupaten Garut di Dapil nya masing – masing bertemu langsung dengan para konstituennya dan kegiatan Reses didalam Satu Tahun Sidang dibagi Tiga Masa Persidangan, dimana setiap Masa Persidangan terdiri Masa Sidang dan Reses.

Reses merupakan komunikasi dua arah (Legislatif dengan konstituen), melalui kunjungan kerja secara berkala dan ini merupakan kewajiban bagi para Anggota DPRD untuk bertemu warga masyarakat / konstituennya secara rutin pada masa Reses yang tiga kali dalam setahun atau empat belas kali dalam satu periode.

Tentunya rasa rindu setelah sekian lama Anggota DPRD Kabupaten Garut periode 2024-2029 tidak bertemu dengan para pendukung dan Konstituennya akhirnya mendapatkan kesempatan bertemu dan berkumpul dengan warga masyarakat dan untuk menyerap informasi, aspirasi warga yang terwakili dan diwakilinya.

Kegiatan Reses sekurangnya ada empat tahapan yaitu Rapat Pimpinan ( Rapim ), Badan Musyawarah ( Bamus ) sebagai penyusunan jadwal pelaksanaan dan tempat tujuan Reses oleh Pimpinan dan Sekertariat DPRD, pelaksanaan Reses dan yang terakhir hasil Reses dibawab dalam Rapat Paripurna DPRD sebagai bentuk laporan hasil Reses.

Hal tersebut menurut Muhamad Dudung SH., M.Si., Kepala Bagian Penganggaran dan Pengawasan di Sekertariat DPRD Kabupaten Garut
“Ya saat ini memang benar bahwa Para Anggota DPRD Kabupaten Garut Periode 2024-2029 sedang melaksanakan Reses, Masa Sidang I Tahun 2024, merupakan kegiatan para anggota Dewan baik DPR – RI atau DPRD menjumpai Konstituennya di Dapilnya masing – masing, yang diatur PP Nomor 12 Tahun 2018 begitu juga merujuk pada Peraturan DPRD Nomor 1 Tahun 2020 ” Jelasnya.

Dimana tujuan Reses itu sendiri didalam rangka menjaring, menampung aspirasi konstituen serta melaksanakan fungsi pengawasan dan Reses itu sendiri lebih dikenal dengan istilah Kunjungan Kerja. Menurut Dudung, saat ditemui diruang kerjanya, Jumat 18 Oktober 2024.
“Sekertariat DPRD Kabupaten Garut telah melakukan inovasi didalam menunjang kegiatan Reses yaitu melalui Sistem Aplikasi Manajemen Reses ( SIAGNES ), dan tentunya dengan aplikasi tersebut ini ada beberapa tujuan dan kemanfaatanya baik untuk para Anggota DPRD tentunya ini akan dapat memudahkan didalam hal melaksanakan penyerapan hasil aspirasi konstituen didapilnya secara cepat dan tepat sasaran ” Ungkapnya.

lanjut Muhamad Dudung, untuk para Pendamping Reses itu dapat dengan mudah membuat hasil pelaporan dan pertanggungjawaban atas keuangan Reses Anggota DPRD didampinginya, ya baik mulai proses pengajuan pencarian, fasilitas untuk Reses, sampai cetak surat pertanggungjawaban, bahkan perekapan hasil aspirasi dari konstituen, begitu juga sampai dengan penghitungan pajak. “untuk sekarang belum bisa mengakses ke aplikasi SIAGNES, namun kedepannya berharap sudah bisa diakses masyarakat atau konstituen secara online penyampaian aspirasinya,” Tandasnya.

Pihak Sekertariat DPRD Kabupaten Garut terus melakukan inovasi kemudahan di dalam pelayanan publik. “Ya, Sekertariat DPRD Kabupaten Garut terus melakukan perbaikan pelayanan publik, berbagai inovasi dan terobosan terus dilakukan, diantaranya SIASTER, SIPD, SIAGNES, BALE JDIH, bahkan saat ini untuk lebih memudahkan kerjasama dengan para rekan media saat ini ada SIDIA ” Pungkasnya.***Yohaness

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI