Kamis, 25 Juli 2024
BerandaKodim 0611 / Garut  Gelar  Baksos KB Terpadu 2018

Kodim 0611 / Garut  Gelar  Baksos KB Terpadu 2018

Dejurnal.com, Garut – Kodim 0611/ Garut mengadakan kegiatan bakti sosial  TNI KB terpadu Kabupaten Garut tahun 2018 dan sinergitas dalam mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan masyarakat sehat bertempat di Makodim 0611/Garut jl. Veteran no.1, kec. Garut Kota, Kabupaten Garut, Kamis 9/8/2018.

Acara kegiatan baksos KB terpadu dan sinergitas TNI dengan menyelenggarakan kegiatan Pengobatan massal gratis, Donor darah dan KB Kes dalam mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan masyarakat sehat diikuti 250 orang.
Ketua Panitia Pelaksana Pasi Ter Dim 0611/Garut (Kapten Inf Dadang Setiawan) diikuti Lk. 250 Orang.

Kegiatan tersebut dihadiri Danrem 062/Tn diwakili Kasiter Rem 062/Tn (Letkol Inf Tedi), Dandim 0611/Grt (Letkol Inf Asyaf Aziz, S. Sos), Kapolres Garut diwakili Kapolsek Garut Kota (Kompol Uus Susilo), Dandenpom III/2 Grt diwakili Pasilid Denpom III/2 Grt (Kapten Cpm Chanrudi), Para Danramil jajaran Dim 0611/Garut, Wakil Bupati Kab. Garut (dr. Helmi Budiman). Kepala BKKBN Prov. Jabar diwakili (Ibu Pintoli R. Siregar), Para Camat jajaran Kab. Garut dan Para Kepala UPT jajaran Kab. Garut beserta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya perwakilan BKKBN Prov. Jawa Barat Pintoli R. Siregar mengatakan, mengucapkan terima kasih kepada TNI yang telah bekerjasama untuk melaksanakan kegiatan ini, bahwa program KB harus terus dilaksanakan.” ucap Pintoli.

Untuk itu lanjut Pintoli, program KB telah menjadi bagian dalam pembangunan masyarakat  untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk, harus dilakukan upaya dengan meningkatkan sosialisasi program KB, upaya untuk meningkatkan kualitas masyarakat terutama masyarakat terpencil, pemerintah telah mencanangkan  program yaitu Kampung KB.

Ditempat yang sama Wakil Bupati Garut dr. Helmi Budiman mengatakan, dengan program kependudukan serta kesehatan di kab. Garut sudah menjadi komitmen yang kuat. Dalam rangka meningkatkan Sumber daya manusia hal pertama yang harus menjadi perhatian meliputi kepemimpinan, transformasional, manajemen perubahan dan motivasi.” ucap wabup.

Program kependudukan KB harus disosialisasikan dan dipahami oleh kalangan masyarakat sampai dengan hal yang paling kecil yaitu keluarga, sebagai tujuan dan upaya untuk membangun suatu bangsa.” tutur wabup.

“Laksanakan peningkatan jumlah kelompok KKBPK di masing – masing kecamatan.” pungkas wabup

Dandim 0611/Garut Letkol Inf Asyarf Aziz, S. Sos dalam sambutannya. sebagai salah satu tugas TNI yaitu mempertahankan pemberdayaan dan pembinaan.

Aspek tugas ini adalah menyiapkan alat demokratik dan Potensi harus disiapkan sejak dini secara terus berkelanjutan.

Untuk saat ini indonesia mengalami siklus geografi sehingga msmpengaruhi peningkatan jumlah penduduk produktif diindonesia.”ucapnya.

Berdasarkan data dari WDP PPB Indonesia tercatat nilai IPM sebannyak 0,9 dan ini merupakan tantangan yang sangat berat.

Program KBKES yang selama ini telah dilaksanakan pemerintahan pada hakikatnya untuk mengurangi pertambahan jumlah penduduk.

Sasaran program KBKES adalah merupakan sebagai bentuk kepedulian dan pembinaan ketahanan keluarga yang pada akhirnnya akan mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Upaya meningkatkan keluarga sejahtera perlunnya partisipasi dari lapisan masyarakat serta beberapa unsur instansi terkait.

Dalam konteks pelibatan partisipasi masyarakat maka keberadaan kodim 0611 Garut diharapan mampu meningkatkan pelayanan yang optimal, Kodim 0611 Garut akan senantiasa berpartisipasi aktiv untuk memberikan kontribusi khususnnya kepada warga masyarakat Kab. Garut.

Mengucapkan apreasi yang sebesar – besarnnya kepada Dinas BPPKB,Dinkes Kab. Garut serta unsur para medis yang terlibat dalam pelaksanaan program ini.

Mengharapkan dengan dilaksanakannnya kegiatan ini menjadi koordinasi seluruh pihak unsur terkait, sehingga kegiatan ini menjadi kegiatan yang positive dan mencapai sasaran yang kita inginkan.” pungkas Dandim 0611/Garut. ( Udg/Dn)

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI