Selasa, 28 Mei 2024
BerandadePrajaParlementariaTiga Nama Legislatif Partai Demokrat Rebutkan Posisi Ketua DPRD Karawang

Tiga Nama Legislatif Partai Demokrat Rebutkan Posisi Ketua DPRD Karawang

Dejurnal.com, Karawang – Tiga anggota dewan dipastikan bakal memperebutkan jabatan Ketua DPRD Karawang periode 2019-2024 setelah nanti dilantik menjadi wakil rakyat 50 anggota dewan dari 10 partai politik di Ruang Paripurna, sekaligus melantik pimpinan sementara Pendi Anwar dari Partai Demokrat dan Endang Sodikin dari Partai Gerinda sebagai Wakil Ketua sementara, Senin (5/8/2019).

Keterangan yang dihimpun dejurnal.com ketiga nama yang digadang menjadi Ketua  DPRD dari Partai Demokrat antara lain Budianto, Pendi Anwar dan Oma Miharja. Kendati ketiganya cukup menonjol dalam perolehan suara pada pileg di dapilnya namun harus legowo apabila ujungnya DPP Demokrat memutuskan salah satu.

Budianto termasuk senior di DPRD Karawang karena sudah ketiga kalinya terpilih menjadi anggota dewan sedangkan Pendi Anwar baru dua kali dan Oma Miharja baru saat ini terpilih jadi anggota dewan sehingga rekam jejak dan pengalaman di DPRD Karawang nama Budianto lebih merakyat dan dikenal berbagai elemen. Tinggal menunggu surat resmi dari DPP Demokrat jatuhnya ke siapa untuk duduk pada jabatan Ketua DPRD Karawang.

Menanggapi hal tersebut, Ketua LSM Karawang Monitoring Group Imron Rosadi SAg mengatakan, menjelang Pilkada Karawang 2020 idealnya Bupati Karawang selaku Ketua DPC Partai Demokrat Karawang mengajukan nama anggota partainya ke DPP yang bisa mendulang suara.

“Karena jabatan Ketua DPRD sangat strategis nantinya bakal membantu mensosialisasikan program bupati agar bisa meraup suara yg sognifikan,” ujarnya.

Tahun 2020, lanjut Imron, merupakan tahun politik pilkada pertarungan bakal ketat karena dimungkinkan sejumlah calon muda dan bonafid bakal ikut bertarung melawan bupati petahana.

“Politik identitas bakal digelar untuk mendekati hati rakyat Karawang,” tandasnya.

Ditambah lagi Wakil Bupati Jimmy Ahmad Zamakhsari bakal mencalonkan diri jadi bupati karena bukan rahasia umum lagi selalu berkoar bakal cabup, ada nama Aep Saepulah pengusaha muda dan Gina Swara putri mantan bupati Ade Swara serta Asep Irawan kader PKS termasuk Syukur Mulyono Ketua DPD Golkar Karawang.

“Ketua PDIP Pipik Taufik Ismail wajah baru di DPRD kemungkinan bakal ikut cabup Karawang,” ujarnya.

Serta sejumlah nama lainnya bakal muncul setelah KPU membuka pendaftaran balon Bupati Karawang kemungkinan bulan Oktober KPUD sudah mulai menjaring bakal calon karena saat ini sedang menyusun tahapan Pilkada Karawang 2020.

Sementara itu Sekretaris DPRD Drs Agus Mulyana MM kepada wartawan disela acara pelantikan 50 anggota dewan sekaligus pengangkatan Pimpinan DPRD sementara mengatakan, hendaknya pihak DPP demokrat dan DPP Gerinda secepatnya mengirim surat untuk menujuk anggotanya untuk menjadi mengisi jabatan Ketua dan Wakil Ketua Definip ” ujarnya.

Saat ini, daftar kursi di DPRD Karawang diisi Partai Demokrat 9 kursi,  Partai Gerinda 8 kursi, Partai Golkar 7 kursi, PKB 7 kursi, PDIP 6 kursi, PBB 2 kursi, Nasdem 2 kursi, Hanura, PPP dan PAN masing-masing 1 kursi.***Rif

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI