Sabtu, 13 Juli 2024
BerandadeNewsAdjat Sudrajat, Tugu Borondong, Ikon Kecamatan Ibun

Adjat Sudrajat, Tugu Borondong, Ikon Kecamatan Ibun

Dejurnal.com, Bandung –

Pemerintah Kecamatan Ibun pada tahun 2019 ini berencana akan membangun tugu borondong di sekitaran kantor Kecamatan. Sebagai tahap awal dilakukan peletakan batu pertama pelaksanaan pembangunan tugu borondong oleh Camat Ibun Adjat Sudrajat SE, SH, M.Si, Minggu ( 20/10/2019 ).

Dalam kegiatan peletakan batu pertama tersebut turut hadir Kapolsek Ibun Iptu Carsono SH, sekcam Ibun Deden Zaenal Arifin, para kasi kecamatan Ibun, tokoh masyarakat dan tokoh Agama se Kecamatan Ibun.

Seusai pelaksanaan peletakan batu pertama pembangunan tugu borondong, Camat Ibun Adjat Sudrajat SE, SH, M.Si mengatakan bahwa pembangunan tugu borondong tersebut merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah Kecamatan Ibun terhadap makanan Borondong yang merupakan makanan khas tradisional yang melegenda yang berasal dari Kampung Sangkan, Desa Laksana.

” Dengan adanya tugu borondong , seluruh warga masyarakat jadi mengetahuinya bahwa borondong merupakan makanan asli dari Kecamatan Ibun.” Ujar Camat Ibun.

Lebih lanjut Camat Ibun Adjat Sudrajat SE, SH, M.Si mengatakan , dengan adanya tugu borondong, merupakan salah satu destinasi wisata Kecamatan Ibun selain objek wisata Kawah Kamojang dan Jembatan kuning Cukang monteng. Tambahnya.

“Dengan dibangunnya tugu borondong ini akan menjadi ikon Kecamatan Ibun” Ungkapnya

Diakhir pembicaraan Camat Ibun Adjat Sudrajat SE, SH, M.Si menjelaskan bahwa borondong merupakan makanan khas dari Desa Laksana Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung. Makanan tersebut dari beras ketan. Ketan yang dipakai adalah ketan yang masih bera Selain berbahan ketan, makanan ini juga ada yang terbuat dari jagung. Bahan tersebut disangrai hingga mekar seperti pop corn. Cangkangnya kemudian dibersihkan dari cangkangnya. Kemudian dicampurkan dengan kinca gula merah atau kinca gula putih. Pungkasnya***

Taryana Budiman

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI