Minggu, 5 Mei 2024
BerandadeEdukasiDiskusi Ilmiah di Milad ke-17 SEGI Garut : Peran Guru Dalam Pusaran...

Diskusi Ilmiah di Milad ke-17 SEGI Garut : Peran Guru Dalam Pusaran Kebijakan Kurikulum Merdeka

Dejurnal.com, Garut – Di ulang tahun ke 17 Serikat Guru Indonesia (SEGI) Kabupaten Garut menyelenggarakan Diskusi Ilmiah dengan tema Peran Guru Dalam Pusaran Kebijakan Kurikulum Merdeka, dilaksanakan di Gedung Rektorat Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Jl. Pahlawan, Garut, Rabu (15/11/2023).

Tema Peran Guru Dalam Pusaran Kebijakan Kurikulum Merdeka yang digunakan dalam.diskusi ilmiah tersebut, diambil dari tulis karya Apar Rustam Ependi selaku Ketua SEGI, dan rencananya bakal diterbitkan menjadi buku untuk pegangan para guru.

Ketua Serikat Guru Indonesia Kabupaten Garut Apar Rustam Ependi mengungkapkan, dengan Pemahaman Kurikulum Merdeka kita ingin berbagi dan mengupas tuntas tentang kurikulum merdeka terkait dengan pemahaman.

“Nah hari ini pesertanya calon guru di tanggapi oleh participan dan organisasi kemasyarakatan yang peduli akan pendidikan kemudian pengawas pendidikan dalam hal ini komite sekolah,
SEGI Kabupaten Grut tidak hanya mengkritisi kebijakan – kebijakan dalam rangka menadvokasi guru dan kita juga bertanggung jawab meningkatkan Kompetensi guru,” ujarnya.

Menurut Apar, kegiatan ini membantu pemerintah bahwa seyogyanya guru itu mengetahui kedudukan fungsi dan tugas guru, ketika ada kebijakan – kebijakan kurikulum apapun itu tidak bingung lagi karena ada kunci – kunci untuk membaca Kurikulum tersebut.

“Jadi ketika ada yang mengatakan ketika ada kurikulum baru kurikulum lama itu tidak terpakai itu salah, kurikulum itu masih tetap bisa di pergunakan,” katanya.

Guru profesional Itu adalah senantiasa bergerak, berinovasi secara terus menerus ke arah yang lebih baik, kekurangan – kekurangan guru bukanlah hal yang tabu karena sesuai undang-undang pasal 24 Nomor 14 tahun 2005 bahwa pemerintah harus memenuhi kekurangan Guru,” pungkasnya.***Red

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI