Sabtu, 27 Juli 2024
BerandadeNewsPuskesmas Ibun Sosialisasikan Rabies Center

Puskesmas Ibun Sosialisasikan Rabies Center

Dejurnal.com – Bandung

Untuk menanggulangi penyakit yang di sebabkan oleh gigitan anjing ( rabies ) , Puskesmas Kecamatan Ibun menggelar sosialisasi rabies center. Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula ruang rapat puskesmas Ibun, Senin ( 7/10/2019 ).

Kegiatan sosialisasi rabies center ini pelayanan untuk penanggulangan kasus rabies. Untuk Kabupaten Bandung cuma Puskesmas Ibun yang mempunyai vaksin anti rabies. ujar kepala puskesmas Ibun, dr Candra Sopiana kepada para awak media seusai kegiatan sosialisasi.

Masih menurut dr Candra Sopiana” apabila ada warga masyarakat diluar Kecamatan Ibun yang tergigit anjing, maka untuk mengantisifasinya sebagai tahap awal adalah dengan dicuci memakai sabun detergen selama lebih kurang 15 menit. Setelah itu harus segera di bawa ke puskesmas terdekat atau rumah sakit terdekat, sedangkan untuk vaksin anti rabies cuma ada di Puskesmas Ibun. ” Boleh dibilang puskesmas Ibun sebagai rujukan. Tambahnya.

” Dikabupaten Bandung hanya ada 2 yang mempunyai vaksin anti rabies yaitu Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung dan Puskesmas Ibun”. Ungkapnya

Kepala puskesmas Ibun menghimbau kepada masyarakat khususnya yang mempunyai anjing, harus berkoordinasi dengan puskeswan, karena puskeswan menyediakan vaksin untuk anjing.

Diakhir pembicaraan dr Candra Sopiana berharap Di Kecamatan Ibun khususnya dan Kabupaten Bandung pada umumnya tidak terjadi kejadian luar biasa ( KLB ) rabies.***

Taryana Budiman

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI