Minggu, 19 Mei 2024
BerandadeNewsCamat Ibun - Dengan Tanam Pohon, Resiko Bencana Bisa Berkurang

Camat Ibun – Dengan Tanam Pohon, Resiko Bencana Bisa Berkurang

Dejurnal.com – Bandung

Camat Ibun Adjat Sudrajat SE, SH, M.Si menyambut baik dan mendukung serta mengafresiasi dengan adanya penanaman pohon di Kampung Kamojang Desa Laksana oleh pihak kepolisian sektor Ibun (polsek Ibun). Jumat (10/1/2020).

Hal tersebut disampaikannya kepada awak media online dejurnal.com dikantornya seusai kegiatan penanaman pohon.

Masih menurut Adjat Sudrajat SE, SH, MSi dengan adanya penanaman pohon tersebut, dapat diminamilisirnya sekaligus berkurang potensi bencana alam baik itu bencana tanah longsor maupun bencana banjir.

” Selain itu dengan adanya penanaman pohon tersebut, lahan – lahan kritis yang ada di wilayah Kecamatan Ibun menjadi hijau kembali dan rindang, dan otomatis udara menjadi segar serta ketersediaan air apabila musim kemarau dapat tercukupi, hal ini dikarenakan pepohonan tersebut dapat menyerap dan menyimpan cadangan air.” Jelasnya.

Diakhir pembicaraan Camat Ibun Adjat Sudrajat SE, SH, M.Si berharap Semoga kegiatan penanaman pohon ini terus berkesinambungan dan dilaksanakan oleh berbagai pihak. ” Dan semoga wilayah Kecamatan Ibun menjadi hijau dan asri.

Sementara itu Kapolsek Ibun Iptu Carsono SH mengatakan , penanaman pohon ini merupakan intruksi dan perintah dari kepala kepolisian republik Indonesia (Kapolri ) kepada seluruh Polda, Polrestabes, Polresta, serta semua polsek tentang Polri peduli penghijauan, dengan maksud untuk mengurangi resiko bencana baik itu bencana banjir maupun bencana tanah longsor. Dengan adanya penanaman pohon ini kita jaga alam dan alam jaga kita.

“Pada kegiatan penanaman kali ini ada sekitar 350 bibit pohon yang ditanam dengan jenis tanaman keras seperti manglid,hurudapung, hurumentak, hurumanggong dan kiara,” Jelas Kapolsek Ibun Iptu Carsono SH.

Lebih lanjut Iptu Carsono SH menjelaskan bahwa kegiatan penanaman pohon ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh polsek Ibun yaitu oleh salah satu anggotanya yang bernama Aiptu H. Nunuh Sutisna yang biasa di panggil Manusia Pohon. “Bulan yang saja telah di tanam sebanyak 2500 bibit pohon,” Pungkasnya.***

Taryana Budiman

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI