Senin, 15 April 2024
BerandadeNewsAgar Amal Ibadah Kita Diterima Alloh, Inilah Caranya

Agar Amal Ibadah Kita Diterima Alloh, Inilah Caranya

Dalam kitab Mukhtasar Ihya’, Syekh Syarafudin Yunus menerangkan, bahwasanya siapa yang tulus ikhlas dalam beramal, meskipun tidak niat, maka akan terbukti berkah dari amalan tersebut, bagi dirinya dan keturunannya hingga hari kiamat.
Diriwayatkan, ketika Nabi Adam AS diturunkan ke bumi, maka berduyun-duyunlah semua binatang hutan datang menemuinya untuk memberikan salam. Kemudian Adam AS mendo’akan tiap-tiap jenis binatang menurut apa yang layak baginya. Maka datanglah sekelompok rusa (kijang) seraya dido’akan juga dan di usap punggungnya. Tiba-tiba tubuh rusa itu mengeluarkan misik (harum kasturi).

Alkisah dilain hari rusa yang lainnya bertanya,”Darimana kamu mendapatkan itu? Tubuhmu bisa harum? ”

Maka dijawab, “Kami menemui kekasih Allah,Adam AS, lalu beliau mendo’akan dan mengusap punggung kami.”

Mendengar jawaban itu rusa yang belum sempat sowan silaturahmi kepada Adam AS suatu hari datang menemui Adam AS. Mereka disambut,kemudian Adam AS mendo’akan dan mengusap punggungnya, akan tetapi tidak keluar harum kasturi dari tubuh rusa-rusa itu. Esoknya rusa itu berkata pada temannya.

”Kami telah berbuat seperti kamu, tetapi tidak mendapatkan apa-apa sebagaimana yang terjadi padamu.”

Maka dijawab, “Kamu beramal karena untuk mendapatkan apa yang telah di dapat oleh kami. Sedangkan kami beramal benar-benar tulus ikhlas karena Allah,hanya mengharap ridlo Allah hingga akhirnya mendapat berkah dari keikhlasan amal tersebut.”

Ma’asyirol muslimin, hikmah yang dapat kita petik dari riwayat tersebut, bahwasanya Allah SWT tidak akan menerima amal yang dilaksanakan tanpa keikhlasan. Maka dari itu, semoga Allah memberi kita rizki keikhlasan, dan menjadikan kita termasuk dari golongan orang-orang yang senantiasa tulus ikhlas dalam beramal.

Baarakallaahu lii walakum.***

(Lili Guntur)

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI