Minggu, 21 Juli 2024
BerandadeNewsH. Dadan Konjala, SH : Di Era Teknologi Komunikasi Canggih Radio Masih...

H. Dadan Konjala, SH : Di Era Teknologi Komunikasi Canggih Radio Masih Punya Peran

Dejurnal.com, Bandung – Ketua DPP Organisasi Radio Amatir Indonesia (ORARI) Kabupaten Bandung, H. Dadan Konjala, SH tengah sibuk mempersiapkan Festival Gunung Puntang Hallo Bandung Netherland yang akan digelar tanggal 13-15 Maret 2020.

“Insyaalloh alatnya sudah diseting sedemikian rupa. Besok (5/2/2020) akan mulai dipasang di Gunung Puntang, sehingga tanggal 14 bisa launching komunikasi melalui radio dengan Belanda mengulang sejarah. Dulu kan pertama ada komunikasi antara nenek yang kangen pada cucunya di Belanda dengan radio di Malabar,” kata Dadan yang akrab disapa Abah ini saat dihubungi di Sekretariat DPRD Kabupaten Bandung, Rabu (4/3/2020).

Abah, yang juga Anggota Komisi C DPRD Kabupaten ini mengapresiasi Festival tersebut, yang masuk dalam Calender Of Event Disparbud Kabupaten Bandung 2020. Dengan masuknya ORARI dalam Calendar Of Event 2020, menurut Dadan, Pemkab telah memperatikan terhadap sejarah komunikasi di Indonesia dan mengangkatnya ke dalam bagian pariwisata.

“Namun saya harap, tidak hanya replika yang dipasang di sana. Saya ingin di sana (Gunung Puntang) dibangun radio komunikasi. Karena mesaki teknologi komunikasi sudah canggih, radio itu masih berperan sampai sekarang,” ujar Abah.

Ketua Farksi PDIP ini menerangkan, sebagai Cadangan Nasional di bidang Komunikasi Radio, ORARI secara otomatis melekat pada beberapa instansi pemerintah yang menangani Penanggulangan Bencana diantaranya BNPB, Basarnas, Satkorlak PB atau BPBD di setiap Provinsi, PMI, BMKG dan LAPAN.

Pada festival nanti, kata Dadan Pemerintah mengangkat budaya dan pariwisatanya. Tanggal 13 sampai 15 Maret 2020 ada acara saresehan tentang keradioan dan kopi di Gedong Budaya Sabilulungan dan berlanjut di Bale Rame. Sehingga di tiga hari itu menggunakan tiga tempat, Gedong Budaya Sabilulungan, Bale Rame, dan Gunung Puntang.***Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI