Kamis, 20 Juni 2024
BerandadeNewsDinkes Karawang Respon Keluhan Warga Berikan Obat Pencegah DBD

Dinkes Karawang Respon Keluhan Warga Berikan Obat Pencegah DBD

Dejurnal.com, Karawang – Dinas Kesehatan Karawang merespon keluhan warga setelah mendapat aduan ikhwal dua orang positip DBD, keduanya warga perumnas Bumi Teluk Jambe Blok D Rt 03 RW 05 Desa Sukaluyu Kecamatan Teluk Jambe Timur yang dirawat dirumah sakit Mandaya Hospital sejak dua hari kemarin. Sebelumnya juga DBD menjangkit 8 orang positip DBD di tempat yang sama namun sudah sembuh dan kembali ke rumahnya masing masing lalu dilakukan pogging lingkungan rumahnya oleh dinkes. Namun selang beberapa hari DBD kembali menjangkit di Blok D sehingga butuh perhatian khusus pihak dinas kesehatan setempat agar dapat mencegah DBD mewabah ditengah pandemi covid 19.

Menurut pegawai Dinkes Karawang Akhmad penyakit DBD bersarang di berbagai tempat air jernih sehingga butuh kesadaran warga agar secara kontinyu membersihkan tempat air baik yang ada didalam kamar mandi maupun tempat air diluar rumah.

“Disamping itu pola hidup sehat dan bersih,” Jelasnya.

Dikatakan Akhmad, pihak Dinkes akan selalu menanggapi dan menangani setiap aduan dan keluhan warga apabila terjadi wabah DBD dilingkungannya seperti keluhan warga Rt 03 Blok D saat ini dua warga positip DBD.

“Kita langsung turun lalukan meninjauan ke rumah positip DBD dan memberikan sosialisasi pencehan dan bahaya penyakit DBD sekaligua memberikan obat abate sebagai tindakan prepentip dalam.upaya pencegahan. Nyamuk AA penyebar DBD itu jangan sering di pogging nanti jadi kebal cukup di kasi abate saja sarang nyamuknya agar mati sehingga tidak membahayakan manusia ” kami sangat respon bila ada keluhan warga,” ujar Akhmad.

Sementara itu Ketua RT 03 Agus Sudaryono mebambahkan dengan adanya kejadian dua orang warga positip BDB dilingkungan RT 03 RW05 pihaknya meminta agar warga waspada dan membersihkan genangan air di sejumlah tempat baik.yang didalam rumah maupun di halaman agar nyamuk AA tidak bersarang.

“warga RT03 menyampaikan terima kasih terhadap pihak Puskesmas dan Dinas Kesehatan Karawang yang telah merespon keluhan warga mudah mudahan wabah DBD tidak menjangkit warga lainnya dengan pola hidup sehat dan rajin membersihakan dan menguras tempat air dan rutin memberaihkan saluran air got di lingkungan rumah masing masing,” jelas Agus.***RIF

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI